Analisis Word Of Mouth Dan Brad Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Sukabumi

Seira Aryatilandi, Asep Muhammad Ramdan, Erry Sunarya

Sari


Abstract
The purpose of this study is to measure how much influence word of mouth and brand image have on purchasing decisions. The variables used in this study are word of mouth,, brand image, and purchasing decisions. The method used in this research is to use probability sampling by distributing questionnaires as many as 150 respondents to consumers who use Iphone smatphone in Sukabumi City. Data analysis technique used is multiple linear regression where in this method the method of partial effect and simultaneous influence is used. The results obtained show that there is no positive and significant influence between word of mouth on purchasing decisions. And there is a positive and significant influence between brand image on purchasing decisions.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga Di Kota Lhokseumawe. 7(September).

Adrian, J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. 5.

Akbar, K. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Atau Smartphone Samsung Jenis Android. Semarang , Universitas Diponogoro, 2015. Http://Eprints.Undip.Ac.Id/39672/

Alfian, S. P. (2018). Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) Dan Loyalitas Konsumen ( Studi Pada Konsumen Smartphone Lenovo Di Diy ) Skripsi.

Andari, R. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Penerbangan Domestik Di Davina Tour And Travel Gorontalo. 1.

Andi, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Iphone (Survei Pada Mahasiswa Unpas Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Angkatan 2016-2017).

Angga, A. (2015). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Iphone (Studi Kasus Pada Konsumen Iphone Di Kalangan Stie Ekuitas).

Aulia, S., & Djuarsa, S. (2015). Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Word Of. 46–52.

Brand, P., Terhadap, I., Konsumen, K., & Lingga, R. U. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan. 4(2), 400–414.

Dini, Febriana Riyanto. (N.D.). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Online Shopping Shopee Pada Mahasiswa Rusunawa Ii Universitas Islam Malang). 145–157.

Erwan, A. P., & Dyah, R. S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik Dan Masalah-Masalah Sosial (Cetakan 1). Penerbit Gava Media.

Faradika, Maria Ratih. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Apple Iphone. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Finanda, I. R., & Wiwaha, A. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Mil Off Beauty Bar. Jurnal Ilmiah Widya Ekonomika, 1(2), 134–140.

Hutami, Permita Sari. (2016). ( Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi Di Diy ). 1, 222–237.

Julham, B. N. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Siderensiasi Produk, Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi Di Wilayah Tanggerang Selatan.

Khakim, M. L. (2015). Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Semarang. September 2014, 1–18.

Khotimah, S., & Lisdiana, H. (2016). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap. 5(1), 37–43.

Kotler, P., & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. In Marketing Management (15th Ed.). Pearson Education. Https://Doi.Org/10.4324/9780203357262

Kotler, P., & Kelller, L. K. (2013). Marketing Management (14 Jilid S). Pearson.

Kuni, M. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. 2(2), 34–44.

Muhammad, Rizky Saleh Tabalema. (2016a). Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Dengan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi. 16(3).

Muhammad, Rizky Saleh Tabalema. (2016b). Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Dengan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi. 16(4), 442–449.

Nadya, F. K. (2019). Pengaruh Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rabbani (Survei Pada Konsumen Rabbani Cabang Kopo Bandung). 21–69.

Nelson, Saputra Nanda. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Pengalaman Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Manejemen Angkatan 2015 Dan 2016 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung). Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 287. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Nurul, E. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung Tahun 2017). E-Proceeding Of Applied Science, 3(2), 430–452.

Pinontoan, W. (2012). Pengaruh E-Banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Mandiri Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 192–201.

Rachma, N. (2015). Pengaruh Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. 137–158.

Rachmad, Jumadi Tarigan. (2015). Analisis Perbandingan Brand Equity Sistem Operasi Android Dengan Sistem Operasi Ios Pada Smartphone.

Rachman, M. D., & Cahaya, Y. F. (2015). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone ( Iphone ). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 145–160.

Ramadani, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. 1(2), 36–46.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitianuntuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula (Husdarta (Ed.); Cetakan Ke). Alfabeta, Bandung.

Ronoprasetyo, T. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Bjong Ngopi Di Sleman ) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2018 Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Bjong Ng.

Semuel, H., & Lianto, S. A. (2014). Analisis Ewom, Brand Image, Brand Trust Dan Minat Beli Produk Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 47–54. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.8.2.47-54

Semuel, H., & Wibisono, J. (2019). Brand Image , Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.13.1.27

Sernovitz, A. (2012). Word Of Mouth How Smart Companies Get People Talking. Greenleaf Book Group Press.

Stefanus, Heri Prasetyo. (N.D.). Pengaruh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Dengan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi. 159–166.

Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen Dan Aplikasinya (M. S. Prof. Dr. Eliyana, Anis, S.E. (Ed.); 1st Ed.). Gava Media Anggota Ikapi Diy Klitren Lor Gk Ii/ 15 Yogyakarta.

Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi). E-Journal “Acta Diurna,” V(2), 1–13.

Tjokroaminoto, J., & Kunto, S. (2014). Analisa Pengaruh Brand Image Dan Company Image Terhadap Loyalitas Retailer Studi Kasus Pt Asia Paramita Indah. 2(1), 1–11.

Widiartanto, N. F. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio. Diponegoro Journal Of Social And Political.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v3i1.554

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.