Sistem Informasi Studi Kelayakan Bisnis (SIKUBIS) Sebagai Pendukung Pembelajaran Pada Mata Kuliah Studi Kelayakan Bisnis
Abstract
Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jombang, STIE PGRI Dewantara Jombang berupaya memberikan pelayanan semaksimal maungkin kepada seluruh mahasiswa dengan berbagai kemampuan yang dimiliki termasuk bagi mahasiswa yang lambat belajar (slow learner). Guna mendukung upaya tersebut, maka dibuatlah suatu teknologi bantu pembelajaran yang mempermudah mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan salah satunya adalah pada mata kuliah studi kelayakan bisnis. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan teknologi bantu pembelajaran untuk mempermudah mahasiswa untuk menyerap materi perkuliahan studi kelayakan bisnis dengan sebuah aplikasi SIKUBIS. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih lima bulan dari tahap persiapan hingga evaluasi akhir kegiatan. Kegiatan ini melibatkan tim penulis, PT Insan Cendekia Nusanatara sebagi pengembang profesional, 20 mahasiswa relawan dan konsultan teknologi Pendidikan. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa respon yang diberikan mahasiwa setelah menggunakan SIKUBIS sangat baik dan meningkatkan pemahaman. Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pengembangan program agar bisa diterapkan pada mata kuliah yang lain.
Downloads
References
Dresler, T., Bugden, S., Gouet, C., Lallier, M., Oliveira, D. G., Pinheiro-Chagas, P., ... & Weissheimer, J. (2018). A translational framework of educational neuroscience in learning disorders. Frontiers in Integrative Neuroscience, 12, 25.
Franz, D. J., Lenhard, W., Marx, P., & Richter, T. (2021). Here I sit, making men in my own image: how learning disorder labels affect teacher student’s expectancies. Current Psychology, 1-15
Hanik, E. U. (2020). "SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH." ELEMENTARY Islamic Teacher Journal Vol. 8 No. 1.
https://puslapdik.kemdikbud.go.id/artikel/hari-disabilitas-internasional-2021:-libatkan-penyandang-disabilitas-pascacovid-19
Lambert, R., Tan, P., Hunt, J., & Candela, A. G. (2018). Rehumanizing the mathematics education of students with disabilities; Critical perspectives on research and practice. Investigations in Mathematics Learning, 10(3), 129-132.
Latifah, Z. (2021). "Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Anak Diskalkulia dengan Media Stamp Game." Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 5 No. 1.
Mammarella, I. C., Caviola, S., Giofrè, D., & Borella, E. (2018). Separating math from anxiety: The role of inhibitory mechanisms. Applied Neuropsychology: Child, 7(4), 342-353.
Marhamah, F. (2021). "Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pencegahan Informasi Hoaks pada Remaja di SMA Negeri 7 Kota Lhokseumawe." Jurnal Pekommas Vol. 6 No. 2: 77-84.
Molenda, M. (2015). In search of the elusive ADDIE model. Performance improvement, 54(2), 40-42.
Novanda, R. R. (2019). "Hubungan Literasi Informasi Digital dengan Self Direct Learning Mahasiswa pada Daerah Miskin di Kepulauan Sumatra." JURNAL ILMU INFORMASI, PERPUSTAKAAN, DAN KEARSIPAN Vol. 21 No. 1.
Rachmawati, D. O. (2010). "PENERAPANMODEL SELF-DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran,: 177-184.
Ribeiro, F. S., & Santos, F. H. (2020). Persistent effects of musical training on mathematical skills of children with developmental dyscalculia. Frontiers in psychology, 10, 2888.
Undang-undang No. 8 Tahun 2016. https://pug-pupr.pu.go.id/_uploads/PP/UU.%20No.%208%20Th.%202016.pdf
Üstün, S., Ayyıldız, N., Vatansever, G., & Çiçek, M. (2019). Neural Foundations of Number Sense and Dyscalculia. Ankara Universites Tip Fakultesi Mecmuasi= Journal of Ankara University Faculty of Medicine, 72(3), 254.
Wangdi, S. (2021). Parental Involvement Supporting Children With Dyscalculia in Gawa Middle Secondary School: A Case Study.
Wijaya, H. D., & Devianto, Y. (2019). Application of Multimedia in Basic English Vocabulary Learning with the ADDIE Method. International Journal of Computer Techniques (IJCT), ISSN, 2394-2231
Zamzam, F. A. P. K. F. (2019). "Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Malang." Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2: 288-297.
www.merdeka.com, Badan Usaha Milik Desa. Retrieved Mei 2021.
www.jurnal.id, Digital Marketing, 2020.
https://cookpad.com, Olahan Froozen Food, 2020.
UU Nomor 32 tahun 2004, Tentang Otonomi Daerah di Indonesia
PP Nomor 72 tahun 2005, Tentang Desa
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License