Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Comvice : Journal of community service?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Comvice: Journal Of Community Service

(Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Di bidang Ekonomi Dan Bisnis)

E-ISSN: 2622-1713

 

KEBIJAKAN EDITORIAL

 

Comvice: Journal community of cervices diterbitkan oleh Lembaga Publikasi dan Penerbitan Karya Ilmiah (LP2KI) STIE PGRI Dewantara Jombang, terbit dua kali setiap tahun yaitu pada bulan April dan Oktober, berisi publikasi karya ilmiah di bidang pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dalam pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, manajemen, keuangan, bisnis maupun kewirausahaan yang berkaitan dengan usaha kecil mikro dan menengah dalam upaya upaya pemberantasan kemiskinan dan masalah-masalah sosial ekonomi di masyarakat

 1. Ketentuan Umum Artikel

  1. Artikel merupakan tulisan yang bersifat orisinal karya perorangan atau kelompok dan merupakan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang ekonomi dan bisnis
  2. Artikel yang ditulis bisa merupakan bagian dari bidang yang dikerjakan atau keseluruhan dari proses pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mitra program pengabdian harus ada dan dijelaskan profil mitranya di bagian awal artikel beserta permasalahan yang dihadapi
  4. Artikel ditulis dengan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yaitu, terdapat bagian awal artikel   (Judul,   identitas   penulis, asal institusi, alamat korespondensi, abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris),    Bagian   isi   (Pendahuluan, Profil Mitra, Tinjauan Pustaka, Metode Pelaksanaan, Hasil Kegiatan dan Pembahasan) dan Bagian akhir (Penutup dan Daftar Pustaka)
  5. Artikel diketik pada kertas dengan ukuran A-4, dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1 kecuali pada  bagian abstrak diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 10, spasi 1.

 2. Bagian Awal Artikel Ilmiah

  1. Substansi Judul Artikel, harus mampu menggambarkan Bidang yang dikerjakan pada pemberdayaan masyarakat
  2. Format Penulisan judul Artikel diketik dengan huruf besar/capital tiap awal kata, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman font 12, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimum 15.
  3. Identitas penulis, harus menginformasikan: Nama penulis ditulis di bawah judul, tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf capital; Urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya; Asal institusi/lembaga/departemen penulis; Alamat korespondensi penulis pertama. Semuanya diketik dengan huruf Times New Roman font 10.
  4. d.  Abstrak. Pada bagian ini penulis perlu menggambarkan secara singkat alasan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat, kondisi awal mitra program dan permasalahan yang dihadapi dan akan diselesaikan dalam program. Disampaikan juga metode penyelesaian permasalahan mitra yang akan digunakan dan disampaikan secara singkat. Disampaikan luaran program/dampak pelaksanaan program dimasyarakat mitra program, hasil disampaikan secara kuantitatif ataupun kualitatif, dan diakhiri dengan kata kunci. Abstrak terdiri dari 1 (satu) paragraph, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

 3. Bagian Isi Artikel Ilmiah :

A. PENDAHULUAN

Pada bagian ini, penulis perlu menjelaskan latarbelakang pelaksanaan program sehingga tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat di bidang tersebut. Pada bagian ini juga perlu ditulis: 1) profil mitra sebagai sasaran pelaksanaan program, 2) lokasi mitra, 3) alasan pemilihan mitra dan jumlah mitra/kelompok/ pengusaha yang terlibat dalam program abdimas tersebut, 4) permasalahan yang dihadapi mitra melalui penyajian data-data baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

 B. TINJAUAN PUSTAKA

Pada bagian ini, penulis perlu menjelaskan aspek teoritis yang mendukung pelaksanaan program. Hal ini untuk memperkuat pemilihan metode solusi permasalahan mitra. Karena itu, penulis perlu menyajikan dasar-dasar teoritis yang dijadikan acuan dari solusi tersebut dalam pelaksanaan program abdimas. Penulis bisa juga menyajikan kasus-kasus pembanding dengan solusi yang mirip dengan solusi yang diterapkan terhadap mitra, untuk meyakinkan bahwa pemilihan solusi terhadap permasalahan mitra sangat sesuai.

 C. METODE PELAKSANAAN

Yang dimaksud dengan metode disini adalah sebuah proses dan tahapan intervensi terhadap mitra sebagai obyek program abdimas dengan aktivitas program, yang dapat memberikan dampak terhadap perubahan kondisi mitra seperti yang telah diharapkan sejak perancangan program dari kondisi awal mitra. Pada bagian ini, penulis menyajikan tahapan perancangan program abdimas dengan jelas dan terstruktur serta menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari setiap solusi yang diangkat sebagai program.

Metode pelaksanaan program abdimas harus menggambarkan beberapa hal yaitu :

  1. Tahapan awal, menjelaskan bagaimana persiapan yang dilakukan terhadap mitra/obyek program sebelum program utama dilaksanakan. Hal ini menggambarkan pengkondisian atau penataan dan proses pemahaman program oleh mitra. Perlu dijelaskan persiapan peralatan, sarana-prasarana pendukung untuk pelaksanaan program. Menggambarkan strategi pelaksanaan program secara tahap demi tahap berdasarkan prioritas program.
  2. Tahapan pelaksanaan, menjelaskan bagaimana strategi proses pelaksanaan program untuk menerapkan sain dan iptek terapan terhadap mitra sehingga diharapakan memberikan dampak dan perubahan terhadap mitra sasaran program   seperti   yang   diharapkan   pada   awal   perancangan   program.   Jelaskan keaktifan, peran dan kontribusi mitra sasaran, pada setiap tahapan pelaksanaan program. Setiap perubahan yang terjadi dan luaran program yang dihasikan pada mitra sasaran selama program abdimas dicatat sebagai data hasil kegiatan, baik data secara kuantitatif maupun data kualitatif. Jika  ada  proses  analisis  dan  pengolahan  data,  perlu  dijelaskan  dalam  metode pelaksanaan program ini.
  3. Tahapan monitoring dan evaluasi, perlu dijelaskan bagaimana proses monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program. Metode evaluasinya menggunakan metode apa, perlu dijelaskan dalam metode ini. Perlu dijelaskan secara singkat perubahan yang diharapkan dari pelaksanaan program terhadap mitra dan luaran yang mungkin dihasilkan dalam program abdimas ini.

 D. HASIL DAN PEMBAHASAN

Pembahasan adalah hasil pelaksaan program pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran kelompok masyarakat tertentu dan memberikan gambaran bagaiman dampak dan hasil pelaksanaan program tersebut di masyarakat. Pada bagian ini,penulis perlu menjelaskan dampak dan luaran yang dihasilkan dalam program terhadap pencapaian tujuan program, apakah tujuan yang dicapai sesuai dengan desain kegiatan program diawal. Apakah luaran yang dihasilkan sesuai dengan desain kegiatan program. Penulis juga perlu menjelaskan    efektivitas    strategi    dan    tahapan    pelaksanaan    program    terhadap pencapaian tujuan program. Menjelaskan efektivitas penggunaan alat, teknologi dan metode dalam pencapaian tujuan program. Sebagai bukti suksesnya pelaksanaan, berikan data-data baik kuantitatif dan kualitatif sebagai indikator pencapaian pelaksanaan program. Selain itu, penulis juga perlu menjelaskan  kendala  dilapangan  dan  solusi  yang  diambil  dan  disesuaikan  dengan kondisi pelaksanaan program dan bagaimana hasil dari solusi yang dilaksanakan untuk   mengatasi   kendala   tersebut.  

Dibagian akhir, penulis perlu menjelaskan  efektivitas metode  pendampingan, monitoring  dan  evaluasi  pelaksanaan program untuk mengawal pencapaian tujuan program, sehingga tampak perubahan   yang   dialami   oleh   mitra   program   selama   dan   setelah pelaksanaan program dilakukan, nyatakan dengan data-data kualitatif dan atau kuantitatif

 

E. PENUTUP

Pada bagian ini, penulis perlu menjelaskan kesesuaian capaian program dengan rancangan program diawal. Penulis juga perlu menulis perubahan yang dialami oleh mitra setelah program serta  ditutup dengan saran berupa tindak lanjut (keberlanjutan) dari kegiatan yang telah dilakukan. Penutup harus dinyatakan dengan bahasa dan kalimat yang singkat dan jelas.

 DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun (bukan sistem nomor), dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang disitasi pada artikel yang dicantumkan dalam daftar pustaka. Adapun kriteria referansi yang digunakan adalah : Kebaruan pustaka 10 tahun terkahir; Pustaka 50% jurnal; Sitasi pustaka web dituliskan tanggal aksesnya dan Sitasi hasil wawancara dituliskan tanggal wawancara.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.