Pemanfaatan Limbah Kain Perca Sebagai Alternatif Peluang Usaha

Rani Septiawati, Aci Murhad, Dina Dinata, Reni Anggainy, Winda Sari, Febrianty Febrianty

Sari


Kegiatan Program kreativitas mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dengan nama “Bakar Kaca” yaitu bantal lukis karikatur kain perca ini ber tujuan untuk: 1) memanfaatkan limbah kain perca di lingkungan masyarakat, 2) mengasah kreativitas yang bernilai jual dikalangan mahasiswa serta masyarakat luas, 3) membuka peluang usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan 4) melatih jiwa kewirausahaan mahasiswa. Identifikasi dan pemecahan masalah pada kegiatan ini menggunakan metode Strength, Weak, Opportunity dan Threat. Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam 2 (dua) tahapan yaitudesain dan pengerjaan. Kegiatan ini sangat bagus untuk peluang usaha mahasiswa, karena itu dukunga untuk keberlangsungan usaha sangat diperlukan, mengingat adanya potensi pengembangan usaha yang cukup besar berdasarkan hasil penjualan dan permintaan/minat konsumen.

Kata Kunci


PKM-K; Bakar Kaca; Peluang Usaha; Kain Perca

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andika, M., & Madjid, I. (2012). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. In Eco-Entrepreneurship Seminar & Call for Paper" Improving Performance by Improving Environment (pp. 190-196)

https://eprints.uns.ac.id/26124/1/I0512003_001027_%E2%80%9CBAKAR_ROMAH%E2%80%9D%2C_BANTAL_LUKIS_KA.pdf

(Diakses pada tanggal 12 november 2017 )

https://indonesiaproud.wordpress.com/2011/06/24/irma-suryati-angkat-martabat-penyandang-cacat-lewat-kain-perca/

( Diakses pada tanggal 15 november 2017 )

Purwanto, N., & Rofiah, C. (2017). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 29-32.

Lestari, R. B., & Wijaya, T. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. In Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP (Vol. 1, No. 2, pp. 112-119). STIE MDP.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.