Pelatihan dan Pendampingan Kecakapan Hidup Berbasis Desain Grafis Bagi Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak

  • Febrianty Febrianty Politeknik Palcomtech
  • Fatmariani Fatmariani Politeknik Palcomtech
  • Hendra Rotama febrianty@palcomtech.ac.id
Abstract views: 644 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 876

Abstract

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan penulis berupa pelatihan dan pendampingan kecakapan hidup berbasis technopreneurship bidang desain grafis bagi Anak Didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Palembang. Mitra Program ini adalah  Bidang Pendidikan dan Keterampilan (Mitra I) dan  Bidang Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak (Mitra 2) di LPKA Kelas I Palembang. Kegiatan yang dilakukan oleh tim penulis berupa pelatihan dan pendampingan dilaksanakan selama 8 bulan, dengan metode pelaksanaan terdiri dari 5 tahap, yakni: persiapan, pembinaan, pendampingan, pelatihan dan evaluasi kegiatan. Dari hasil kegiatan terjadi peningkatan daya saing 60%, kemampuan penerapan Ilmu Pengetahuan dan teknologi bidang desain grafis dengan capaian sebesar 78%, dan terjadi peningkatan rasa  percaya diri anak didik dan kemandirian anak didik  dengan  keterampilan khusus yang dimiliki serta semangat kewirausahaan bidang Desain Grafis dengan capaian 64%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atikasuri, M., Mediani, H. S., & Fitria, N. (2018). Tingkat Kecemasan pada Andikpas Usia 14-18 Tahun Menjelang Bebas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II. Journal of Nursing Care, 1(1), 78.

Cahyaningtyas, I. (2015). Pembinaan Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Perspektif Restorative Justice. Notarius, 8(2), 342-353.

Data LPKA. 2016. Jumlah Anak Didik LPKA Beserta Jenis Kejahatan Tahun 2016.

Departemen Pendidikan Nasional, 2004, Paket Pelatihan Diklat Kurikulum Berbasis Komptensi. Broad Based Education (BBE) & Life Skill.

Purwanto, N., & Rofiah, C. (2017). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 29-32.

Undang-undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

PlumX Metrics

Published
2018-10-17
How to Cite
Febrianty, F., Fatmariani, F., & Rotama, H. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Kecakapan Hidup Berbasis Desain Grafis Bagi Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak. COMVICE: Journal Of Community Service, 2(2), 11-20. https://doi.org/10.26533/comvice.v2i2.166