Pelatihan dan Pendampingan Kecakapan Hidup Berbasis Desain Grafis Bagi Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak
Abstract
Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan penulis berupa pelatihan dan pendampingan kecakapan hidup berbasis technopreneurship bidang desain grafis bagi Anak Didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Palembang. Mitra Program ini adalah Bidang Pendidikan dan Keterampilan (Mitra I) dan Bidang Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak (Mitra 2) di LPKA Kelas I Palembang. Kegiatan yang dilakukan oleh tim penulis berupa pelatihan dan pendampingan dilaksanakan selama 8 bulan, dengan metode pelaksanaan terdiri dari 5 tahap, yakni: persiapan, pembinaan, pendampingan, pelatihan dan evaluasi kegiatan. Dari hasil kegiatan terjadi peningkatan daya saing 60%, kemampuan penerapan Ilmu Pengetahuan dan teknologi bidang desain grafis dengan capaian sebesar 78%, dan terjadi peningkatan rasa percaya diri anak didik dan kemandirian anak didik dengan keterampilan khusus yang dimiliki serta semangat kewirausahaan bidang Desain Grafis dengan capaian 64%.
Downloads
References
Atikasuri, M., Mediani, H. S., & Fitria, N. (2018). Tingkat Kecemasan pada Andikpas Usia 14-18 Tahun Menjelang Bebas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II. Journal of Nursing Care, 1(1), 78.
Cahyaningtyas, I. (2015). Pembinaan Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Perspektif Restorative Justice. Notarius, 8(2), 342-353.
Data LPKA. 2016. Jumlah Anak Didik LPKA Beserta Jenis Kejahatan Tahun 2016.
Departemen Pendidikan Nasional, 2004, Paket Pelatihan Diklat Kurikulum Berbasis Komptensi. Broad Based Education (BBE) & Life Skill.
Purwanto, N., & Rofiah, C. (2017). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 29-32.
Undang-undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License