Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory

Omi Pramiana, Nur Anisah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada BMT Maslahah Kantor Cabang Pembantu Sumobito Jombang apakah sudah sesuai dengan perspektif Syariah Enterprise Theory. Metode penelitian dengan deskriptif kualitatif, sumber data diperoleh dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Corporate Social Responsibility pada BMT Maslahah Kantor Cabang Pembantu telah dilakukan sesuai dengan Syariah Enterprise Theory (SET). BMT Maslahah telah melaksanan Corporate Social Responsibility akuntabilitas vertical terhadap Allah SWT yang dapat dianggap sebagai upaya koperasi untuk memenuhi prinsip syariah. BMT Maslahah telah melaksanan Corporate Social Responsibility Akuntabilitas horizontal terhadap nasabah yang dilakukan BMT Maslahah Kantor Cabang Pembantu Sumobito Jombang dengan memberikan bantuan pembiayaan kepada UMKM. BMT Maslahah telah melaksanan Corporate Social Responsibility Akuntabilitas horizontal indirect stakeholders komunitas yang dilakukan BMT Maslahah dengan memberikan kepedulian kepada pihak-pihak yang sama sekali tidak memberika kontribusi (baik secara keuangan maupun non keuangan). BMT Maslahah telah melaksanan Corporate Social Responsibility Akuntabilitas horizontal indirect stakeholders dengan lingkungan sekitar tidak banyak yang dilakukan.


Kata Kunci


Corporate Social Responsibility; Syariah Enterprise Theory

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A Chariri dan Ghozali, Imam. 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Beekum, Rafik Issa. 2004. Etika Bisnis Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Deegan, C. 2004. Financial Accounting Theory. Sydney: McGraw-Hill Book Company

Djakfar, Muhammad.2007. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Malang: UIN Malang Press

Fahmi, Irham. 2014. Etika Bisnis; Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hadi, Sutrisno. 2009. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset

Handoko, Yunus. 2014. Implementasi Social and Environmental Disclosure dalam Perspektif Teoritis. Jurnal JIBEKA,Vol.8 No.2, 2014

Imaniyati, Neni Sri. 2010. Aspek- Aspek Hukum BMT. Bandung : Citra Aditya Bakti

Ismayanti, Nurul Fitri. 2015. Akuntansi Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Bank Syariah. An-Nisbah, Vol. 01, No. 02, April 2015

Lahuri, Setiawan bin. 2015. Corporate Social Responsisbility Dalam Perspektif Islam. Volume 7 Nomor 2, Sya’ban 1434/2013

Mansur, Syuhada. 2012. Pelaporan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Dalam Perspektif Syariah Enterprise Theory (Studi Kasus pada Laporan Tahunan PT Bank Syariah Mandiri). Economic: Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, Vol. 2, No. 2ISSN: 2088-6365

Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan). Bandung: Alfabeta

Meutia, Inten. 2010. Menata Pengungkapan CSR di Bank Islam (Suatu Pendekatan Kritis). Jakarta: Citra Pustaka Indonesia

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nursahid, Fajar. 2009. Tanggung Jawab Sosial BUMN. Depok: Piramedia

Prastowo, Joko & Huda, Miftahul. 2011. Corporate Social Responsibility, Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis. Yogyakarta: Samudera Biru.

Primasari, Bardarita Pulung. 2011. Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009). Surakarta: Univesitas Sebelas Maret

Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Soemitra, Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana

Sugiyono,.2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suharto, Edi. 2010. CSR dan Comdev; Investasi Kreatif Perusahaan di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras

Undang-undang Perseroan Terbatas No.40 tahun 2007 pasal 1 ayat 3

Wibisono, Yusuf. 2009. Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta: PT Gramedia

Widjaya, Iwan Kurniawan. 2012. Enterprise Resource Planning. Yogyakarta: Graha ilmu




DOI: https://doi.org/10.26533/eksis.v13i2.311

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Bekerja dibawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0 License

Diindeks oleh:

             

 

 

Flag Counter

 

View My Stats