Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran
Abstract
Abstrak Pendirian Badan Usaha Milik Desa di pelopori oleh pemerintah pusat langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Kabupaten Jombang dan pelaksanaan dibawah naungan pemerintah Desa setempat. Salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kabupaten Jombang adalah BUMDes Puri Makmur yang terletak di Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang dengan jenis usaha simpan pinjam. Dalam perkembangannya, pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa Puri Makmur kurang baik karena mengalami kredit macet. Untuk itu, penulis bersama tim mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Purisemanding melakukan kegiatan untuk membantu menyelesaikan kesulitan yang di hadapi BUMDes Puri Makmur di desa Purisemanding, antara lain: 1) Penyusunan struktur organisasi BUMDes, 2) Pembuatan logo BUMDes 3) Sosialisasi tentang kewirausahaan untuk meningkatkan jiwa usaha di masyarakat setempat, 4) Membuat akun promosi melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan produk UMKM setempat dibawah naungan BUMDes Puri Makmur. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama tim mahasiswa KKN. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada semester genap tahun akademik 2021/2022 dengan sasaran kegiatan adalah perbaikan akun promosi yang melek digital.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157.
Chaffey, Dave. (2009). E-Business And E-Commerce Management (4th Edition ed.).England: Pearson Education.
Fadly, Hawangga Dhiyaul., & Sutama. (2020). Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), p. 213-222.
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philips & Armstrong, Gary. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga. Jakarta.
Nugrahaningsih, P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Pada BUMDes Blulukan Gemilang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa;
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65-75.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41- 47.
Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
Copyright (c) 2021 Omi Pramiana, Muhammad Rivaldo Gilang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License