Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran

Omi Pramiana, Muhammad Rivaldo Gilang

Sari


Abstrak
Pendirian Badan Usaha Milik Desa di pelopori oleh pemerintah pusat langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Kabupaten Jombang dan pelaksanaan dibawah naungan pemerintah Desa setempat. Salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kabupaten Jombang adalah BUMDes Puri Makmur yang terletak di Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang dengan jenis usaha simpan pinjam. Dalam perkembangannya, pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Desa Puri Makmur kurang baik karena mengalami kredit macet. Untuk itu, penulis bersama tim mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Purisemanding melakukan kegiatan untuk membantu menyelesaikan kesulitan yang di hadapi BUMDes Puri Makmur di desa Purisemanding, antara lain: 1) Penyusunan struktur organisasi BUMDes, 2) Pembuatan logo BUMDes 3) Sosialisasi tentang kewirausahaan untuk meningkatkan jiwa usaha di masyarakat setempat, 4) Membuat akun promosi melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan produk UMKM setempat dibawah naungan BUMDes Puri Makmur. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama tim mahasiswa KKN. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada semester genap tahun akademik 2021/2022 dengan sasaran kegiatan adalah perbaikan akun promosi yang melek digital.

Kata Kunci


BUMDes Puri Makmur; digital marketing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157.

Chaffey, Dave. (2009). E-Business And E-Commerce Management (4th Edition ed.).England: Pearson Education.

Fadly, Hawangga Dhiyaul., & Sutama. (2020). Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), p. 213-222.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philips & Armstrong, Gary. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga. Jakarta.

Nugrahaningsih, P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Pada BUMDes Blulukan Gemilang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa;

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65-75.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41- 47.

Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v6i1.858

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks :