THE INFLUENCE OF E-SERVICE QUALITY, E-TRUST AND E-WOM ON LIVE STREAMING PURCHASE DECISIONS
Abstract
The development of the digital world has brought various changes in lifestyles and human activities, including e-commerce. E-commerce activities open opportunities for companies to be more innovative in attracting consumers, one of which is utilizing the e-live streaming buying feature. This study aims to determine the effect of e-service quality, e-trust, and e-word of mouth on purchasing decisions in e-commerce live streaming. This study uses a quantitative research approach. The population of this study was e-commerce users in Denpasar City, and the sample used was 150 e-commerce users. The data used is primary data in the form of a questionnaire. The data analysis tool used is SEM PLS. The study results show that E-service quality, E-trust, and E-WOM positively affect purchasing decisions in e-commerce live streaming. E-service quality has no significant effect on E-WOM. E-trust has a positive effect on e-WOM. E-WOM cannot mediate e-service quality for purchase decisions on e-commerce live streams. E-WOM can mediate e-trust for purchasing decisions in e-commerce live streaming.
Downloads
References
Burhan, F.A. (2020). Kesepakatan jack, game, dan streaming langsung ialah tren baru e-niaga. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5f021f3d034da/ dongkrak-transaksi-gim-dan-live-streaming-jadi-tren-baru-e-commerce
Febri, I., Lukitaningsih, A., & Maharani, BD (2018). Tanggapan pelanggan terhadap Quality pelayanan elektronik mendorong ulasan pelanggan dan kepercayaan elektronik untuk mendorong keputusan pembelian di aplikasi Shopee. MANDAR: Jurnal Pengembangan Manajemen dan Riset Terapan, 1(1), 1–8.
Fitriani, D., & Soedarmadi, S. (2019). Sesuatu yang membentuk core service quality dan peripheral service quality terhadap word of mouth lewat kepuasan pelanggan untuk variabel intervening (Studi Bus Trans Semarang). Majalah Solusi Ilmiah, 17(3), 195–220. https://doi.org/10.26623/slsi.v17i3.1635
Hakim, A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). Faktor-faktor yang memsesuatu yang membentuki keputusan pembelian di Instagram: Peran kepercayaan untuk variabel broker. Jurnal Ilmu Keluarga dan Pelanggan, 14(3), 296-309. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.3.296
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Global Edisi Keenam Belas. pendidikan Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. ajaran Pearson.
Maramis, ISM, Mananeke, L., & Loindong, SSR (2022). Analisa sesuatu yang membentuk citra merek, Quality pelayanan terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh kepercayaan pelanggan pada Apotek Mercke'Lkolongan. Jurnal EMBA, 10(1), 39-48. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/ 37531/34539
Novelino, A. (2021). Cominfo melakukan pencatatan sebagian besar kasus penipuan offline: penjualan offline. Cnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/ technology/20211015085350-185-708099/kominfo-catat-case-penipuan-luring-terbanyak-jualan-luring
Curah hujan. (2014). Sebagai akibat dari Quality perilaku pelayanan. Kamar Prentis.
Piramita, S., Hannan, S., & Purba, J.H.V. (2021). Sesuatu yang membentuk Social Media Marketing Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian KPR Non Subsidi bersama Memediasi Persepsi Merek (Studi Pada Bank Xyz). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 7(2), 487-497. https://doi.org/10.17358/jabm.7.2.487
Rommy, F.Al, & Murtiningsih, D. (2020). Brand trust untuk variabel mediasi memsesuatu yang membentuki customer relationship management dan service quality terhadap student loyalty. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 9(1), 10–24.
Santoso, J.T. (2021). Streaming langsung ialah tren baru dalam pemasaran produk. Https://Stekom.Ac.Id/. https://stekom.ac.id/artikel/live-streaming-jadi-trend-baru-dalam-measakaran-product
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Di Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Alfabet. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sulthana, A.N., & Vasantha, S. (2019). Sesuatu yang membentuk electronic word-of-mouth eWOM terhadap niat beli. Jurnal Internasional Riset Sains dan Teknologi, 8(10), 1–5.
Suryati, L. (2021). Sesuatu yang membentuk strategi promosi media sosial terhadap keputusan pembelian di Cafe 38 Coffee Lab, dimediasi lewat electronic word of mouth. Jurnal Literasi untuk Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 104–119.
Tantri, E.S.T.A., Taufik, M., & Budiwati, H. (2020). Sesuatu yang membentuk Quality produk dan Quality pelayanan terhadap keputusan pembelian dari mulut ke mulut untuk variabel antara (studi kasus pelanggan toko sepatu Kakiku Kencong). Jurnal Manajemen Organisasi dan Bisnis, 2(3), 166–171.
Tirtayasa, S., Lubis, A.P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: untuk mediasi variabel hubungan antara Quality produk dan kepercayaan pada kepuasan pelanggan. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 5(1), 2579-9312. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm
Watu, M.D.N., Suprapto, H., & Sugandini, D. (2021). Peran mediasi kepercayaan terhadap sesuatu yang membentuk Quality website dan eWom terhadap minat beli ulang di Tokopedia oleh pengguna offline milenial di Daerah Istimewa Maria Yogyakarta. Seminar Nasional Informatika, 1(1), 337-351.
Yohansyah, F., & Rodhiah, R. (2022). Sesuatu yang membentuk e-WOM dan perceived number terhadap keputusan pembelian Shopeefood bersama mediasi kepercayaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4(1), 89. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17170
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Management, accounting, and economic research