Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan

Indah Triwahyuni, Siti Zuhroh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan terhadap pelanggan Emery cafe dan bistro Jombang. Populassi pada penelitian ini adalah pelanggan Emery cafe dan bistro Jombang dengan sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Data primer diperoleh melalui angket yang diukur menggukan skala Bipolar. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan bantuan WarpPLS 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 2) experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan; 3) kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap terhadap loyalitas pelanggan; 4) experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan, terhadap pelanggan Emery cafe dan bistro Jombang.

Kata Kunci


experiential marketing; kepuasan pelanggan; loyalitas pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, D. (2004). Building a brand: The Saturn story. California Management Review, 114-133.

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity. New York: THE FREE PRESS.

Baron, M., & Kenny, D. (1986). The Mediator-Mediator Variabel Distintion in Social Psychological Research: Conceptual, Strategis, and Statistical Consideration. Journal of Personality and Social Psychology, 1173-1182.

Dewanthi, P. A., & Wulandari, N. M. (2017). Peran Kepuasan KOnsumen dalam Memediasi Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vil.6, No. 1, 1-31.

Dimyati, M. (2012). Peranan Experiential Marketing dan Kepuasan Pasien dalam Menciptakan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Ftimah Banyuwangi. ISSN: 1412-5366, 14-30.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kertajaya, H. (2005). Empathy Has Signifikan Contribution In Service Study Kasus pada Spa Martha Tilaar. Jurnal Martha Tilaar Group, 27-28.

Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Experiential Marketing, dan Rasa Kepercayaan Terhadap kepuasan Pelanggan. Jurnal Study Manajemen & Organisasi 12, 10-20.

Kotler, P., Armstrong, G., & Tait, M. (2010). Principles Of Marketing. South Africa: Global and Souther.

Mahfud Sholihin, P., & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Marisa, O., & Rowena, J. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Terhadap Loyalitas Konsumen. Converence on Management and Behavioral Studies, 410-420.

Samuel, H., & Dharmayanti, D. (2013). Pengaruh Customer Experience Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty di Kafe Excelso Tunjangan Plaza Surabaya. Jurnal Manajmen Pemasaran Petra Vol.1, No. 1, 1-15.

Schmitt, B. (2015). Experiential Marketing. A New Framework for Design and Communication, 19-26.

Solimun. (2017). Penguatan Confirmatory Research: Pemodelan Persamaan Struktural Pendekatan WarpPLS. Malang: Universitas Brawijaya.

Sudari, S. A., Tarofder, A. K., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the critical effect of marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction in food and beverage products. Management Science Letters, 9(9), 1385–1396.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Strategik. Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v3i2.598

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.