Peningkatan Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Pada Paguyupan Pedagang Kuliner Alun-Alun Jombang

  • Siti Zuhroh STIE PGRI Dewantara Jombang
  • Dyah Ayu Kunti STIE PGRI Dewantara Jombang
Abstract views: 117 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 92

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengahantam seluruh kegiatan ekonomi dan salah satu dampaknya adalah lesunya bisnis kuliner. Namun demikian, sebagai salah satu unsur kebutuhan pokok, usaha kuliner masih tetap terbuka peluang usahanya. Untuk itu, diperlukan upaya kreatif dari para pelaku usaha kuliner agar konsumen tetap tertarik untuk membeli barang dagangannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para pedagang kuliner nasi bungkus yang berada di sekitar wilayah Alun-Alun kota Jombang agar bisa menampilkan kemasan produknya dengan lebih baik sehingga menarik minat pembeli. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan cara memberikan pengarahan cara mengemas produk dengan lebih baik dan higienis. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 1 (satu) bulan yaitu pada bulan Januari 2021 dengan jadwal yang sudah disepakati dengan mitra binaan. Hasil dari kegiatan PKM ini telah memberikan peningkatan kualitas penyajian produk serta volume penjualan. Diharapkan, kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, namun juga dilanjutkan dengan kelompok pedagang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angipora, Marinus, 2002, Dasar – dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. B

Barney, J. B. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage Journal of Management, Vol. 17: 99-12

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philipe and Amstrong, Gary (2014). Prinsip-prinsip manajemen pemasaran. Edisi 14. Jakarta :Erlangga

Porter, E. M. 1985. Competitive Advantage-Creating and Sustaining Superior Performance, New York : Free Press.

Hunt, S. D., & Morgan, R. M. (1995). The Comparative Advantage Theory of Competition. Journal of Marketing, 59(2), 1. https://doi.org/10.2307/1252069

https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1598879701_BUKU_BEKRAF_28-8-2020.pdf (diakses Januari 2021)

Mutiarni, R., Zuhroh, S., & Utomo, L. P. (2018). Pendampingan Pencatatan Transaksi Dan Penyusunan Laporan KeuanganBadan Usaha Milik Desa (Bumdes) Putra Subagyo Desa Miagan-Jombang. Comvice: Journal of community service, 2(1), 21-28.

PlumX Metrics

Published
2021-04-06
How to Cite
Zuhroh, S., & Kunti, D. A. (2021). Peningkatan Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Pada Paguyupan Pedagang Kuliner Alun-Alun Jombang. COMVICE: Journal Of Community Service, 5(1), 21 - 26. https://doi.org/10.26533/comvice.v5i1.768