Pengembangan Inovasi Melalui Aplikasi Digital Dalam Meningkatkan Kesejahteraan BUMDES Podojoyo

Siti Zuhroh, Fifi Erliana

Abstract


Abstrak

Desa Podoroto merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Desa Podoroto memiliki potensi desa yang cukup besar, antara lain pertanian yang jika dikelola dengan baik akan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Komoditas pertanian secara bersama-sama diolah oleh masyakarat desa kemudian menjadi produk unggulan desa, yang kemudian dipasarkan oleh masyarakat yang ada di Desa Podoroto. Telah banyak produk pertanian yang telah dihasilkan, tetapi masih terkendala dengan pemasaran dan biaya. Masyarakat Desa Podoroto sebagian besar memiliki modal yang kecil dan belum memiliki kemampuan dalam melakukan pemasaran baik secara manual maupun secara digital dengan memanfaatakan teknologi informasi.Berdasarkan hal tersebut maka perlu untuk dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat desa dan UMKM agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan pemasaran secara digital dan mempermudah dalam mendapatkan modal. Di Desa Podoroto sendiri memiliki BUMDes Podo Joyo yang mempunyai produk simpan pinjam dengan bunga yang sangat ringan, tetapi untuk seluruh prosesnya masih dilakukan secara manual.Dalam membantu BUMDes agar dapat melakukan kegiatannya secara digital kemudian dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilaksanakan oleh Mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang dan didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Kata kunci: BUMDes Podoroto, Podojoyo, Simpan Pinjam.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto, D. (2016). Pengembangan desa mandiri melalui pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(1)

Efendi, J. P. (2016). Sistem Informasi Simpan Pinjam Studi Kasus Bumdes Al-Amin Desa Bagan Jaya. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 27-34.

Elmawati, E. (2018). Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam di Koperasi Bina Masyarakat Taratak Koto Lua Kecamatan Pauh Padang Berbasis Java. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 8-14.

Widianti, D. (2016). Pengaruh Dimensi Strategi Inovasi Dan Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Suatu Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Tobin’s Q (Studi kasus pada 9 Perusahaan Jakarta Islamic Indeks (JII) yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.