Kegiatan Survey Kepuasan Pelanggan Jalan Tol Ruas ABC yang dikelola oleh PT. XYZ

Wenda Wahyu Christiyanto, Benih Hartanti

Sari


PT. XYZ dituntut menjadi perusahaan profesional dan modern dalam pengelolaan Jalan Tol, serta memiliki kompetensi yang baik di tingkat nasional dan regional. Oleh karenanya, PT. XYZ melakukan evaluasi layanan dengan mengadakan survey kepada para pelanggan ruas tol ABC, untuk mengetahui tingkat kepuasan serta mengetahui masukan dari para pelanggan. Sumber data dari kegiatan survey ini adalah data primer, di mana diperoleh dengan teknik pengambilan sampel non probabilitas, dengan hasil response rate sebesar 82,25%. Teknik Analisa dalam survey ini menggunakan analisis angka indeks dan analisis deskriptif. Hasil survey dari responden menyatakan bahwa perlu dilakukan peningkatan sosialisasi penggunaan E-Payment, isi ulang E-Toll Card, pemanfaatan GTO, layanan jasa derek gratis, dan layanan Senkom. Selain itu, juga perlu dilakukan pelatihan petugas gardu tol agar lebih ramah, penambahan PJU, penambahan frekuensi patroli petugas PJR, peningkatan respon petugas terhadap kejadian di sepanjang Tol ABC, perbaikan jalan yang bergelombang, pengecekan infrastruktur secara berkala, serta inovasi produk layanan juga hendaknya terus dilakukan, mengingat penilaian pelanggan Tol ABC terhadap layanan Jalan Tol Pembanding semakin baik, meskipun masih tergolong dalam kategori tidak puas.


Kata Kunci


Jalan Tol, Pelayanan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hansen dan Mowen. (2001). Akuntansi Manajemen. Erlangga. Jakarta

Maholtra, N. (2005). Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan. Indeks. Jakarta

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasan Jasa. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).

Rohim, A., & Arvianto, S. (2017). Pengaruh Customer Perceived Value Terhadap Word Of Mouth Dengan Customer Loyalty Sebagai Variabel Mediasi (Study Kasus Di CV Putra Putri). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.