Menumbuhkan Kesadaran Pajak Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Edukatif

Dwi Ermayanti Susilo, Wisnu Mahendri

Sari


Pajak adalah salah satu sumber pendanaan negara yang penting. Karena itu diperlukan upaya – upaya maksimal agar sumber pendanaan ini tetap berjalan, salah satunya adalah melalui tindakan pengenalan sejak dini kepada masyarakat termasuk kepada anak usaia sekolah dasar melalui pendidikan karakter. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran pajak kepada siswa sekolah dasar melalui media pembelajaran dan permainan edukatif. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Plus Darul Ulum Jombang. Kegiatan tersebut dirancang dengan memasukkan nilai - nilai moral seperti: budi pekerti, tanggungjawab, kejujuran dan rasa cinta tanah air. Dari hasil yang diperoleh gambaran bahwa siswa leboh paham tentang arti dan fungsi pajak serta manfaatnya bagi pembangunan Indonesia. Diharapkan, hal ini tidak berhenti pada saat selesainya kegiatan pengabdian kepada masyarakat, namun dilanjutkan dengan mengintegrasikannya dengan kurikulum dan materi sekolah.

Kata Kunci


Kata Pajak; Pendidikan Karakter; Permainan Edukatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, Kun Setyaning. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press

Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani, I. N. S. (2017). IDENTIFIKASI PEMAFAATAN ALAT PERMAIAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKA MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 6, 31–40. Retrieved from ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/download/1586/648

Hasiana, I. 2015. Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Buana Pendidikan, 11 (21): 21-26.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana: Jakarta.

Rosdiana, H dan Irianto, E.S, 2014,Pengantar Ilmu pajak : Kebijakan dan Implementasi di Indonesia, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Zuchdi,Darmiyati(2009). Pendidikan Karakter, Grand Design, dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta:UNY Press

https://edukasi.pajak.go.id/jenjang-pendidikan/sd/65-sd/perbukuan-sd.html

Bachtiar, E., & Tambun, S. (2020). Pengaruh Pemahaman Fungsi Pajak dan Manfaat Pajak Terhadap Sikap Nasionalisme Serta Dampaknya Terhadap Niat Menjadi Wajib Pajak yang Patuh.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia, P. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007. Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v5i2.788

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks :