Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hijab Butik Rabbani Jombang

Shintia Fitri Febriani, Nuri Purwanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup belanja dan keterlibatan fashion terhadap pembelian impulsif konsumen hijab butik Rabbani Jombang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang belum pernah membeli jilbab di butik Rabbani sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat statistik SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup belanja dan keterlibatan mode secara signifikan mempengaruhi pembelian impulsif.


Kata Kunci


Gaya Hidup Berbelanja, Keterlibatan Fashion, Pembelian Impulsif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amiri, F., Jalal, J., Mohsen, S., & Tohid, A. (2012). “Evaluation of Effective Fashionism Involvement Factors on Impulse Buying of Costumers and Condition of Interrelation between These Factor.” Journal of Basic and Applied Scientific Research, 9413-9419.

Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 109-116.

Aziz, & V, A. R. (2015). "Pengaruh Persepsi Risiko dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online Melalui Blackberry Messenger". eJournal Psikologi, 5.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cobb, C. J., & Hoyer, D. W. (1986). "Planned versus impulse purchase behaviour". Journal of Retailing, 62, 384-409.

Deviana, N. P., & Kt.Giantar, I. A. (2016). "Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat di Kota Denpasar". Manajemen Unud, 5, 5248-5249.

Engel, F. J., Roger D, B., & Miniard, P. (2000). Perilaku Konsumen,Jilid 1,Edisi ke-enam. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fury, F. R. (2016). "Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Kasus Pada Toko Online MiuLan di Semarang)". Manajemen, 1.

Ghani, Usman, & A, J. F. (2011). "An Exploratory Study of the Impulse Buying Behaviour of Urban Consumers in Peshawar". International Conference on Business ad Economics Research, 157-159.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. .Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hadi, R. N. (2015, June 17). Dipetik April 14, 2015, “Dari Hijab,Trend dan Aturan”: https://www.kompasiana.com/rizkinurismarinihadi/hijab-trend-dan-aturan_555476657397733a14905529

Japariyanto, E., & Sugiharto, S. (2011). "Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income kota Surabaya". Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32-41.

Kim, H. (2005). "Consumer profiles of apparel product involvement and value". Journal of Fashion Marketing and Management, 9, 2.

Kosyu, D. A. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying,. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Amstrong. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid Pertama. Jakarta: PT. Indeks.

Kusumandaru, A. V. (2017). "Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan Instore Display Terhadap Impulse Buying Matahari". Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6, 5.

Levy, M., & Weitz, A. B. (2009). Retailing Manajemen.7Ed. New York: Mc Graw Hill.

Ma'ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mowen, J., & Minor. (2002). Prilaku Konsumen jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Nawari. (2010). Analisis Regresi dengan MS Excel 2007 dan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nugroho, S. J. (2003). Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Revisi,Cetakan Kelima. Dalam Perilaku Konsumen (hal. 9). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

O’Cass, A. (2004). "Fashion clothing consumption antecedents and consequences of fashion clothing involvement". Journal of Marketing, 38, 869-882.

Park, Jihye, & Lennon, S. J. (2006). "Psychological and Environmental Antecedents of Impulse Buying Tendency in The Multichannel Shopping Context". Journal of Consumer Marketing, 23(2), 58.

Park, J. E., Y, K. E., & C, F. J. (2006). "A structural model of fashion-oriented impulse buying behaviour". Journal of fashion marketing and management, 10, 433-446.

Peter, Paul, J., & Olson, J. C. (2002). Consumer Behavior and Marketing Strategy 6th Edition. New York: Mc Graw Hill.

“Pengertian Hipotesis”. (2013, Juni). Dipetik April 28, 2018, dari http://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-hipotesis.html

Prastia, E. F. (2013). "Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya". Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 7.

Purnama, Y. (2015, October 17). “Makna Hijab, Khimar dan Jilbab”. Diambil kembali dari https://muslim.or.id/26725-makna-hijab-khimar-dan-jilbab.html

Putra, F. K. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Usia dan Gender Terhadap Impulse Buying Produk Fashion (Survey Pada Konsumen Produk Fashion di Malang Town Square (MATOS)). 9.

Rabbani News. (2017, Juli 25). Dipetik Juni 27, 2018, “Dari Fashion News dan Trends Rabbani Raih Penghargaan Indonesia Original Brand”: https://rabbani.co.id/page/artikel-Rabbani-Raih-Penghargaan-Indonesia-Original-Brand-2017-6-48.html

Ratnasari, A. V., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2015, Januari 1). "Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value Dan Impulse Buying". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1, 3.

Riadi, M. (2018, April 27). “Pengertian, Jenis, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Gaya Hidup”. Dipetik Maret 3, 2018, dari https://www.kajianpustaka.com/2018/03/pengertian-jenis-indikator-dan-faktor-yang-mempengaruhi-gaya-hidup.html

Rohim, A., & Arvianto, S. (2017). Pengaruh Customer Perceived Value Terhadap Word Of Mouth Dengan Customer Loyalty Sebagai Variabel Mediasi (Study Kasus Di CV Putra Putri). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1).

Rook, D., & Fisher, R. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Oxford University: Press, 22.

Saefuddin, A. (2010). Statistik Dasar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Santoso, S. (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Flex Media Komputindo.

Santoso, S. (2003). Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS versi 11.5. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Seo, J., Hathcote, M. J., & Sweaney, L. A. (2001). "Casualwear shopping behavior of college menin Georgia". Journal of Fashion Marketing and Management, 5, 208-222.

Sidang, N. K. (2016). "Fenomena trend fashion jilbab dalam keputusan pembelian jilbab". jurnal ekonomi islam, 1-2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunarto, K. (2000). Pengantar sosiologi. Edisi kedua. Depok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tendai, M., & Chipunza, C. (2009). "In-store environment and impulsive buying". African Journal of Marketing Management, 1, 102-108.

Tirmizi, Ali, M., Shaif, M. I., & Saif, M. I. (2009). "An empirical Study of consumer impulse buying behaviour in local markets". European journal of scientific research., 28, 522-532.

Top Brand Award. (t.thn.). “Top Brand Award”. Dipetik April 13, 2018, dari http://www.topbrand-award.com/

Tribun Bisnis. (2014, Mei 20). Dipetik Juni 1, 2018, dari “Fatin Ikut Dongkrak Penjualan Kerudung Rabbani Hingga Capai Rp 500 Miliar”: http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/05/20/fatin-ikut-dongkrak-penjualan-kerudung-rabbani-hingga-capai-rp-500-miliar

Utami, O., & Rastini, N. (2015). "Pengaruh variabel demografi, kualitas layanan, atmosfer toko pada Impulse Buying Di Hypermart Mall". E-Jurnal Manajemen Unud, 4(5), 1229-1237.

Utami, W. C. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Utami, W. C. (2012). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Wijaya, A. M., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2017). "Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement (Studi Kasus Pembelian Hijab Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang)". Riset Manajemen, 3.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v2i2.372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.