Pelatihan Dan Pendampingan Kepada Pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Produsen Pia Kota Palembang

Nurussama Nurussama, Guntoro Barovih

Sari


Kegiatan pengabdian masyarakat kepada kelompok usaha kecil dan menengah ini berupa pelatihan dan pendampingan kepada mitra di kota Palembang. Mitra dalam kegiatan ini adalah Ibu Siti Fatimah dan Bapak Ahmad Adi Setia Budi yang merupakan produsen pembuat pia. Kendala yang dihadapi kedua mitra dalam produksi pia, yaitu keterbatasan alat produksi, desain kemasan produk, dan kurangnya pengelolaan keuangan. Berdasarkan kendala yang dihadapi, maka telah dilakukan kegiatan bertahap mulai dari sosialisasi, pemberian alat bantu produksi, pemberian kemasan, hingga pelatihan praktek pembuatan laporan keuangan secara manual dan menggunakan aplikasi laba rugi sederhana. Metode pelaksanaan adalah dengan pemberian materi dilakukan dengan ceramah, tanya jawab interaktif, demonstrasi dan penyelesaian kasus. Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi, pemberian peralatan sebagai alat bantu produksi seperti mesin pengaduk adonan pia, mesin pengaduk isi pia, rak display produk dan mesin press kemasan. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan, kedua mitra mampu menyusun laporan keuangan untuk usahanya, membuat desain logo usaha serta mampu mengemas kue pia menjadi lebih menarik.


Kata Kunci


UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fuad, M. (2006). Pengantar bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Indonesia, R. (2008). Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Mutiarni, R., Utomo, L. P., & Zuhroh, S. (2017). Pendampingan Pencatatan Transaksi Keuangan Pada Koperasi Bunga Harapan Desa Ceweng. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 33-38.

Mutiarni, R., Zuhroh, S., & Utomo, L. P. (2018). Pendampingan Pencatatan Transaksi Dan Penyusunan Laporan KeuanganBadan Usaha Milik Desa (Bumdes) Putra Subagyo Desa Miagan-Jombang. Comvice: Journal Of Community Service, 2(1), 21-28.

Pratiwi, A. A., Sondakh, J. J., & Kalangi, L. (2014). Analisis Penerapan SAK ETAP pada Penyajian Laporan Keuangan PT. Nichindo Manado Suisan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Rohim, A., & Kurniawan, I. (2017). Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Carang Wulung Wonosalam. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 23-28.

Sayekti, R. N. S., Mulyadi, B. A., Rifa'i, M., & Novitawati, R. D. (2018). Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sentra Industri Kerajinan Alas Kaki Toyosima (Toyomarto Singosari Malang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 41-50


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.