Pendampingan Laporan Kinerja Dan Penyusunan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Tani Makmur Desa Tejo Kecamatan Mojoagung

  • Omi Pramiana STIE PGRI Dewantara Jombang
Abstract views: 485 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 719

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Koperasi Tani Desa Tejo adalah pendampingan laporan kinerja serta manajemen operasional penyaluran kredit. Permasalahan yang terjadi adalah laporan keuangan Koperasi Tani desa Tejo masih dirasa kurang khususnya operasionalnya dimana banyak terjadi kredit macet. Anggota yang meminjam modal pada Koperasi Tani Makmur desa Tejo tidak memiliki kesadaran untuk mengembalikan modal yang dipinjam dikarenaka tidak adanya penahanan barang atau harta sebagai jaminan. Laporan tahunan Koperasi Tani Makmur desa Tejo masih banyak yang belum diperbaiki seperti daftar inventaris yang belum di up date. Rasio keuangan menunjukkan kinerja Koperasi Tani Makmur desa Tejo sangat baik namun pada kenyataan banyak terjadi kredit macet hal ini disebabkan banyak modal yang masih mengendap pada kas sehingga kegiatan koperasi dirasa kurang produktif. Permasalahan diselesaikan dengan memberikan arahan dan materi akan pembuatan laporan keuangan serta manajemen operasional penyaluran kredit pada kepala desa, ketua, sekretaris dan bendahara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1959

______, Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan

______, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang perkoperasian

______, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian

Hendrojogi. 2012. Koperasi: Azas-azas Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2012. Dasar- Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mahri, A. Jajang W. Pelayanan dan Manfaat Koperasi, serta Pengaruhnya terhadap Partisipasi Anggota: Suatu Kasus pada Koperasi Produsen Tahu Tempe Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi. Jakarta: Erlangga.

Taswan. 2009. Manajemen Perbankan, Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Thomas, Suyatno, Dkk. 2010. Kelembagan Perbankan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Mutiarni, R., Utomo, L. P., & Zuhroh, S. (2017). Pendampingan Pencatatan Transaksi Keuangan Pada Koperasi Bunga Harapan Desa Ceweng. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 33-38.

Mutiarni, R. (2017). Implementasi Electronic Data Processing Pada Koperasi Wanita. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2 Okt), 135-148.

PlumX Metrics

Published
2018-04-19
How to Cite
Pramiana, O. (2018). Pendampingan Laporan Kinerja Dan Penyusunan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Tani Makmur Desa Tejo Kecamatan Mojoagung. COMVICE: Journal Of Community Service, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.26533/comvice.v2i1.121