Pendampingan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelola Badan Usaha Milik Desa Bung Hatta
PDF (English)

How to Cite

Prasetyo, D. W., Purwanto, N., & Zairobi, F. (2021). Pendampingan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelola Badan Usaha Milik Desa Bung Hatta. SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 3(1), 83-90. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.807

Abstrak

Abstrak Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diprakarsai oleh pemerintah pusat langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Jombang, termasuk desa Gabus Banaran yang terletak di kecamatan Tembelang, Jombang dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bung Hatta dengan jenis usaha penjualan bahan bangunan dan jasa pos. Dalam perkembangannya, pengelolaan penjualan dan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bung Hatta sudah cukup baik namun ada beberapa kendala dalam proses pemasaran dan juga penataan laporan transaksi penjualan yang kurang rapi. Untuk itu, penulis bersama team mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Gabus Banaran melakukan kegiatan membantu proses pemasaran produk dan juga membantu pembenahan administrasi transaksi penjualan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bung Hatta, di antaranya yaitu: 1.) Pembuatan banner untuk memasarkan produk BUMDes Bung Hatta, 2.) Pembuatan akun media penjualan online Shopee, 3.) Pembuatan pelatihan editing video secara online untuk pihak BUMDes Bung Hatta, 4.) Penyusunan Laporan transaksi penjualan, 5.) Pembuatan logo BUMDes. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama team mahasiswa KKN. Kegiatan ini akan dilanjutkan di semester selanjutnya dengan sasaran kegiatan adalah peningkatan pemasaran produk BUMDes di media online. Kata kunci: BUMDes Bung Hatta, Digital Marketing.
https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.807
PDF (English)

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Nikmah, O.F. 2017. Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan

Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47 – 56. Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational

Performance. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101 – 112. Pradiani, T, 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap

Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. 46 Jibeka,11(2), 46 – 53.

Prasetya, B. A. (2021). Gandeng Pelaku Usaha Emping Melinjo Tim KKN UNS Adakan Workshop Digital Marketing. Surakarta: Humas UMS.

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.