Pelatihan Pemasaran Digital Bawang Goreng Sebagai Produk Unggulan Guna Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Desa Pandanblole
PDF

How to Cite

Astutik, M., & Ardiantoro, R. (2024). Pelatihan Pemasaran Digital Bawang Goreng Sebagai Produk Unggulan Guna Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Desa Pandanblole. SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 6(1), 43-48. Diambil dari https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/1295

Abstrak

Abstrak

Potensi yang dimiliki masyarakat pedesaan adalah sumber daya alam melalui pertanian. Potensi tersebut dapat dioptimalkan  melalui peningkatan Sumber Daya Manusia desa, terutama bagaimana mengolah hasil pertanian dapat dipasarkan secara efektif. Fokus kegiatanpengabdianmasyarakatadalahpedampingan  sosialisasi  terkait  pemasaran  digital  bawang  goreng  melalui  PKK Desa Pandanblole, Ploso, Jombang, guna meningkatkan pemberdayaan perempuan dan ekonomi masyarakat setempat. Gambaran dari kegiatan tersebutadalah:1.Observasidan   wawancara   secara   langsung   kepada   para   petani  sekitar  dan   ketua   pkk 2. Melakukan diskusi dan pembahasan tentang bagaimana cara untuk meningkatkan nilai ekonomis bawang merah 3. Membuat logo, menentukan desain kemasan,dan strategi pemasaran 4.Melakukan kajian ulang, dan dari sudut pandang berbagai perspektif. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim penulis, dengan di bantu mahasiswa dilakukan dengan tekun selama lebih dari sebulan selama februari 2024.Pelaksanaan dilakukan langsung melalui tim PKK desa untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada anggota PKK lainnya dengan harapan anggota PKK dapat menjadi penggerak untuk pemberdayaan perempuan di desa. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan melibatkan mahasiswa telah memberikan banyak manfaat khususnya perempuan di desa Pandanblole.Beberapa pekerjaan penulis bersama tim adalah:  1) Menambah wawasan warga terutama perempuan terkait produk olahan bawang  merah  dapat dijadikan objek bisnis untuk meningkatkan perekonomian, 2) Menambah pengalaman dalam memasarkan produk desa melalui pasar digital.

Kata Kunci: Perekonomian Desa, Pemberdayaan Perempuan, Pemasaran Digital.

PDF

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.