Abstract
Kata “Desa” selalu berkaitan dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dimana unit usaha ini sering dijumpai di wilayah pinggiran kota khususnya desa. Secara umum, UMKM yang ada di Desa Jombok memiliki potensi dan daya saing yang tinggi namun dalam perkembangannya terkendala oleh beberapa faktor. Dari hasil penelitian dan observasi lapangan team mahasiswa KKN 18 menemukan, bahwa sebagian besar kendala yang dialami oleh pemilik UMKM Desa Jombok adalah pada pemasarannya. Pemasaran yang dimaksud ialah pemasaran secara online, dimana kebanyakan pemilik UMKM merasa kesulitan dalam penggunaan aplikasi dan marketplace online, metode-metode promosi yang tepat, hingga masalah administratif terkait dengan pemanfaatan media sosial guna memasarkan produknya. Untuk itu, tim pengabdian dosen dan mahasiswa melakukan kegitan antara lain: 1) Observasi UMKM sasaran, 2) Mengadakan sosialisasi tentang Pemasaran Produk secara online, 3) Memberikan pelatihan secara langsung tentang Pemasaran Produk secara online, 4) Melakukan pemantauan dan evaluasi atas capaian kegiatan pemasaran. Pengabdian tersebut telah dilaksanakan dengan baik. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan sasaran utama ialah Sosialisasi dan Pelatihan Pemasaran Online pada UMKM di Desa Jombok.
Kata kunci: Desa Jombok, UMKM, Pemasaran Online