Pendampingan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelola Badan Usaha Milik Desa Bung Hatta
PDF

How to Cite

Prasetyo, D. W., Purwanto, N., & Zairobi, F. (2021). Pendampingan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelola Badan Usaha Milik Desa Bung Hatta. SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 3(1), 83-90. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.807

Abstract

Abstrak Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diprakarsai oleh pemerintah pusat langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Jombang, termasuk desa Gabus Banaran yang terletak di kecamatan Tembelang, Jombang dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bung Hatta dengan jenis usaha penjualan bahan bangunan dan jasa pos. Dalam perkembangannya, pengelolaan penjualan dan keuangan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bung Hatta sudah cukup baik namun ada beberapa kendala dalam proses pemasaran dan juga penataan laporan transaksi penjualan yang kurang rapi. Untuk itu, penulis bersama team mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Gabus Banaran melakukan kegiatan membantu proses pemasaran produk dan juga membantu pembenahan administrasi transaksi penjualan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bung Hatta, di antaranya yaitu: 1.) Pembuatan banner untuk memasarkan produk BUMDes Bung Hatta, 2.) Pembuatan akun media penjualan online Shopee, 3.) Pembuatan pelatihan editing video secara online untuk pihak BUMDes Bung Hatta, 4.) Penyusunan Laporan transaksi penjualan, 5.) Pembuatan logo BUMDes. Kegiatan tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh penulis bersama team mahasiswa KKN. Kegiatan ini akan dilanjutkan di semester selanjutnya dengan sasaran kegiatan adalah peningkatan pemasaran produk BUMDes di media online. Kata kunci: BUMDes Bung Hatta, Digital Marketing.
https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.807
PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Nikmah, O.F. 2017. Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan

Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47 – 56. Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational

Performance. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101 – 112. Pradiani, T, 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap

Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. 46 Jibeka,11(2), 46 – 53.

Prasetya, B. A. (2021). Gandeng Pelaku Usaha Emping Melinjo Tim KKN UNS Adakan Workshop Digital Marketing. Surakarta: Humas UMS.

Downloads

Download data is not yet available.