Business Model Canvas Hotel NYC

  • Kartini Sally Sekolah TinggiManajemen PPM Jakarta
  • Aprihatiningrum Hidayati Sekolah TinggiManajemen PPM Jakarta
Abstract views: 150 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 75
Keywords: Business Model Canvas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merancang model bisnis Hotel NYC dengan menggunakan kerangka Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara. Hasil penelitian dari identifikasi BMC yang ada saat ini, pada elemen customer segment ditetapkan target utama adalah millennial dan first jobber, dan memperluas customer segment ke pelanggan korporasi dengan merekrut tenaga pemasaran khusus untuk menangani pelanggan korporasi. Pada elemen Channel penggunaan social media diperluas dan menggunakan social media agency sebagai pengelola konten. Untuk elemen Revenue Streams, akan dibuatkan paket yang sekarang sedang menjadi gaya hidup yaitu shortgateaway, staycation, dan paket special moment untuk millennial antara lain Bridal Shower Party dan paket pernikahan. Pada elemen Key Resources, akan memanfaatkan ruangan yang masih belum digunakan menjadi communal area tambahan dan dapat digunakan untuk acara gathering perusahaan atau acara pernikahan. Elemen Key Partnership akan tetap bekerjasama dengan Virtual Hotel Operator dan menambah kerjasama dengan Online Travel Agent seperti Expedia dan Traveloka. Pada elemen Cost Structures, akan menambahkan cadangan biaya untuk pemeliharaan bangunan dan perlengkapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbaba, Atilla, (2012), Characteristics of Small Hospitality Businesses : A Study in an Urban Setting in Turkey”, Hospitality review:Vol.30:Iss.2, Article 3

Brealy, Richard A., Myers, Stewart C., & Allen , Franklin, (2018), Principles of Corporate Finance, 13th edition, New York, McGraw-Hill International Edition

Buddhichiwin, Pimprae, (2015), The Marketing Mix in Small Hotels : the case of Samui, Thailand, International Organization for Research and Development , ISSN:2410-5465

Fred R. David, Forest R. David, (2015), Strategic Management : A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, 15th ed., New Jersey, Pearson Education

Google, Temasek and Bain & Company, (2020), The e-Conomy SEA 2020

Kimes, S.E. (2002), Percieved Fairness of yield management-part two. The Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, p. 22-29

Lovelock Christopher H, Wirtz Joachen, (2016), Services Marketing, 8th edition., New Jersey, World Scientific

Osterwalder Alexander, Pigneur Yves, (2010), Business Model Generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers, Hokoben, New Jersey, John Wiley & Sons, Inc

Rothaermel, F. T. (2017), Strategic Management, New York, McGraw-Hill Education. Ruzic Dropulic Marinela, (2015), Direct and Indirect Contribution of HRM practie to hotel company performance, International Journal of Hospitality Management 49,p 56-65

Shoemaker, S., Lewis, R.C. and Yesawich, P.C. (2007). Marketiong Leadership in Hospitality and Tourism; Strategis and tactics for competitive advantage. Pearson Education Inc, Prentice Halls. NJ, p 314-338

Snell Scott, Morris Shad, (2017), Managing Human Resources, 18th edition, Boston, MA, Cengage Learning

Stevenson, J William, (2018), Operations Management, 13th edition, New York, McGraw-Hill Education

Statista Research Department, Nov 26, (2020), Market Size of The Global Online Travel Agent Sector 2020-2023

Wen Hua, Andrew Chan, Zhenxing Mao, (2009), Critical Success Factor and Customer Expectation in Budget Hotel Segment – A Case Study of China, Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 10:1, 59-74, DOI:10.1080/15280080802713702

Widayati Catur Christina, Riorini Sri Vandayuli, (2018), Budget Hotel Performance Based on Customer”s Perceptive and Competitive Strategy, European research Studies Journal:Volume XXI, Special issue 3, p241-252

Published
2021-12-24
How to Cite
Sally, K., & Hidayati, A. (2021). Business Model Canvas Hotel NYC. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(2), 101 - 110. https://doi.org/10.26533/jmd.v4i2.886