Peran Media Komunikasi Pada Nasabah Kartu Kredit Bank Mandiri Tbk

Andi Heru Susanto

Sari


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah pemilihan media komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepuasan nasabah pengguna kartu kredit Bank Mandiri Tbk, (2) Untuk mengetahui apakah pemilihan media komunikasi yang baik dapat meningkatkan loyalitas nasabah pengguna kartu kredit Bank Mandiri Tbk, dan (3) untuk mengetahui apakah kepuasan nasabah dapat meningkatkan loyalitas nasabah pengguna kartu kridit Bank Mandiri Tbk. Penelitian ini melibatkan 170 responden pengguna kartu kredit Bank Mandiri Tbk dan penelitian ini bersifat kuantitatip serta menggunakan confirmatory factor analysis. Uji validitas yang dilakukan yaitu dengan melihat nilai Kaiser-Msyer-Olkin measure of sampling (KMO) dan measures of sampling adequacy (MSA). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemilihan media komunikasi sangat mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas nasabah serta kepuasan nasabah juga memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Tbk khususnya pengguna kartu kredit.

Kata Kunci


media komunikasi; kepuasan; loyalitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmal, A. S., & Hutami, R. R. F. (2014). Analisis Kepuasan Pelayanan Call Center Mandiri Call (Studi Pada Pt. Bank Mandiri Tbk). EProceedings of Management, 1(3).

Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Bisnis & Birokrasi Journal, 17(2).

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=0wfQnzlfnwMC

Darsono, L. I. (2017). Loyalty & Disloyalty: Sebuah Pandangan Komprehensif Dalam Analisa Loyalitas Pelanggan.

Estiningsih, A. W., & Hariyanti, T. (2013). Pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas Ibu hamil pada pelayanan persalinan (Studi di RS Hermina Tangkubanprahu Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(2), 280–287.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (1998). Multivariate data analysis (Vol. 5, Issue 3). Prentice hall Upper Saddle River, NJ.

Hapsari, C. M. (2013). Efektivitas komunikasi media booklet “Anak Alami” sebagai media penyampai pesan gentle birthing service. Jurnal E-Komunikasi, 1(3).

Kassim, N. M., & Abdullah, N. A. (2008). Customer loyalty in e‐commerce settings: an empirical study. Electronic Markets, 18(3), 275–290.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. edisi.

Lestari, B. A., Suharjo, B., & Muflikhati, I. (2017). Minat kepemilikan kartu kredit (Studi kasus Kota Bogor). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(1), 143.

Malhotra, N., & Birks, D. (2007). Marketing Research: an applied approach: 3rd European Edition. Pearson education.

Margaretha, F., & Sari, S. M. (2015). Faktor Penentu Tingkat Literasi Keuangan Para Pengguna Kartu Kredit di Indonesia. Journal of Accounting and Investment, 16(2), 132–144.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Toi. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.

Nida, F. L. K. (2014). Persuasi Dalam Media Komunikasi Massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 77–95.

Peter, P. J., & Olson, J. C. (1996). Consumer Behavior and Marketing Strategy. Richard D. Irwin Inc. Terjemahan: Damos Sihombing. 1999. Jakarta. Erlangga. iver. Prentice Hall International, Inc.

Rahmawati, D. (2010). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di PPs UNJ. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 150–159.

Rahmayanty, N. (2010). Manajemen pelayanan prima. Yogyakarta: Graha Ilmu, 89.

Ronald, H. (2013). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Alif Persada Nusantara Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Garden Hills Estate. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 231–247.

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi.

Safitri, Y. A. (2011). Kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan konflik, dan perannnya terhadap kepuasan terhadap loyalitas nasabah bank BCA di Surabaya. Journal of Business and Banking, 1(2), 117–130.

Sulistyawaty, R. (2012). Perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit di wilayah DKI Jakarta.

Wijaya, J. A. P., Mangunwihardjo, S., & FERDINAND, A. T. (2012). STUDI MENGENAI PENINGKATAN LOYALITAS NASABAH (Penelitian Terapan Pada Nasabah Kredit Ritel Komersial PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Semarang Pattimura). Diponegoro University.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v4i1.772

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.