Analisa Epic Model: Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi

Erminati Pancaningrum, Dwi Kartika Sari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas iklan yang telah dilakukan oleh versi Indomie Chicken Geprek di Televisi menggunakan metode analisis Model EPIC, terhadap Komunitas Desa Sukoiber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Dalam penelitian ini menggunakan skala pengukuran likert menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian dari 100 orang yang telah melihat versi iklan Indomie dari Chicken Geprek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, data perpustakaan, dan internet. Analisis data digunakan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan bantuan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing dari empat dimensi Model EPIC yaitu empati, persuasi, dampak, dan komunikasi dinyatakan efektif. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa versi Indomie dari iklan Chicken Geprek di televisi dinyatakan efektif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Durianto. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta : Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Efendy, O. U. (2002). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Ekarina. (2019, April 6). Retrieved from Katadata: http://m.katadata.co.id

Fajar, T. (2019, 7 4). Okefinance. Retrieved from Okezone: https://economy.okezone.com

Febrina Syah, A. S. (2016). efektivitas iklan media sosial menggunakan EPIC AC Nielsen pada operator seluler di Indonesia. e-Proceeding of Management, 2667.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian Manajemen . Semarang.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit: Universitas Diponogoro.

Graham Kemp, H. R. (2010). judging creative idea- a best practice guide to assessing agency creativity. UK:IPA.

Hermawan, D. A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ihza, Y. (2013). Bujuk rayu konsumerisme, menelaah persuasi iklan di Era konsumsi. Depok, Jawa Barat : Linea Pustaka.

Kevin, P. K. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jarsey: Person .

Kotler, P. A. (2008). Principles of marketing (ed 5 ed.). New York: Prentice Hall.

Olson, J. P. (1996). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta.

Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahadian, L. (2019, maret 22). Retrieved from bisnis.com: https://m.bisnis.com

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi . Jakarta: Salemba Empat.

Shimp, T. A., and Andrews, C. J. (2013). Advertising, promosion, and other aspects of integrated marketing communication. Ninth edition: USA: Cengage learning.

Sian yet, P. G. (2013). Analisis efektivitas iklan TV sirup Markisa dengan pendekatan EPIC Model Pt. Majujaya Pohon Pinang.

Sugiyono. (2014). metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

T Shimp, J. A. (2010). iklan prmosi dan aspek lain dari komunikasi pemasaran terpadu (ed 9 ed.). Thomson selatan-barat.

Wibisono, D. (2003). Riset Bisnis . Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.444

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.