Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin besarnya nama perusahaan Xiaomi di dalam pasar smartphone khususnya di Indonesia. Experiential marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang saat ini digunakan oleh banyak perusahaan termasuk Xiaomi. Strategi pemasaran yang tidak sekedar menawarkan produk saja, tetapi juga dengan melakukan pendekatan pengalaman dengan memerhatikan unsur (sense, feel, think, act dan relate). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh dari sense, feel, think, act dan relate terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna smartphone Xiaomi di STIE PGRI Dewantara Jombang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswa yang diambil dengan teknik accidental sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sense, feel, think, act dan relate berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin kuat variabel experiential marketing (sense, feel, think, act dan relate) yang dirasakan konsumen terhadap smartphone Xiaomi, maka akan semakin baik pengaruhnya terhadap keputusan pembelian smartphone.
Downloads
References
Andreani, F. (2007), Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran), Jurnal Manajemen Pemasaran, Erlangga. Jakarta.
Andreani. F. (2007). Experiental Marketing. Jurnal Manajemen Pemasaran.Vol. 2. No. 1. p. 18
Atina Arlia Wardani (2011). Experiential Marketing. Jurnal manajemen pemasaran, Badan penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Dzakirah N (2012). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembelian Paket Umrah di PT Saibah). Skripsi,
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Ferdinand, Agusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Ilmu Manajemen). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamzah, Amir (2007), Analisis Experiential Marketing, Emotional Branding dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Merek Mentari, USAHAWAN No. 06 Th XXXVI Juni p. 22-8.
Hermawan Kartajaya. (2002). Hermawan Kartajaya On Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Hermawan Kartajaya. 2004. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
https://tekno.kompas.com/read/2018/05/15/08274587/survei-canalys-xiaomi-vendor-ponsel-terbesar-ke-2-di-indonesia. [Accessed 5 April 2018]
Kartajaya, Hermawan, (2007) “ ciptakan great Experience” swa sembada, No. 15/ XXIII 12- 25 Juli.
Kartajaya, Hermawan. (2006), Hermawan Kartajaya on Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P & Amstrong, J. (2003). Dasar-dasar pemasaran. (9th ed.). Jakarta: PT. Index Kelompok Gramedia
Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Salemba. Jakarta
Kotler, P., dan Amstrong, J. (2003). Dasar-dasar Pemasaran. Edisi kesembilan. PT Index Kelompok Gramedia. Jakarta.
Kotler, Philip (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks
Kotler, Philip. & Kevin, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid Satu, Penerbit PT Gelora Aksara Pratama.
Kumala Dkk. (2011). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan. (Survei Pada Pelanggan KFC Warga JL. Jendral Basuki Rachmad RW. 02 Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
Kustini. (2007). Penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset Ekonomi Bisnis.
Rini, E. (2009) “Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiential Marketing.” Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2, No. 2, h. 15-20.
Rini, E. S. (2009). Menciptakan pengalaman konsumen dengan experiential marketing.
Schmitt, B. (1999). Experiential marketing. Journal of marketing management, 15(1-3), 53-67.
Schmitt, B. (2009), Experiential Marketing: How to Get Your Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Branda. The Free Press. New York.
Schmitt, Bernd (1999), Experiential Marketing. The Free Press Now York.
Sugiyono, (2007), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Wardani A.A. (2011). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Derajat Celcius). Skripsi, Program Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.
Wicaksono (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Raminten di Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah. Purworejo.
Yulianto, Ade. (2010). “Dampak Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Resort Kampoeng Legok Lembang”. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.
Yuniati T. dan Soecharno A.D. (2015) Analisis Pengaruh Elemen Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Umc Surabaya. Skripsi, program sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License