Pengaruh Daya Saing Destinasi Wisata Terhadap Implementasi Re-Visiting Commitmen Wisatawan Objek Wisata Di Kota Palembang

  • Mutiara Lusiana Annisa Politeknik PalComTech
  • Ganda Hutasoit Politeknik PalComTech
Abstract views: 745 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya saing destinasi wisata terhadap implementasi re-visiting commitmen wisatawan/turis ke objek-objek wisata dikota Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisa regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan lokal/domestik dan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata di Palembang. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 240 responden yang dipilih secara acak dan terbagi dalam 120 responden wisatawan lokal dan 120 wisatawan mancanegara. Hasil analisis untuk wisatawan lokal menunjukkan bahwa variabel: 1) Kebijakan, perencanaan, dan pengembang destinasi dan 2) Manajemen destinasi,  berpengaruh terhadap implementasi re-visiting commitmen wisatawan domestik. Sedangkan variabel: 1) Sumber dan daya tarik utama dan 2) Persyaratan dan penjelasan faktor penentu tidak berpengaruh terhadap re-visiting commitment wisatawan domestic pada objek-objek wisata di kota Palembang. Untuk hasil analisis wisatawan mancanegara menunjukkan bahwa variabel: 1)  Sumber dan daya tarik dan 2) manajemen destinasi, berpengaruh terhadap re-visiting commitment, sedangkan variabel: 1) Faktor dan sumber pendukung, 2) kebijakan, perencanaan dan pengembangan destinasi, 3)  persyaratan dan penjelasan faktor penentu, tidak berpengaruh terhadap re-visiting commitment. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assael, Henry.1992. Consumer Behavior and Marketing Action. 4 th.ed. Pws-Kent Publishing Company,Inc

Assael, Henry, 1995. Costumer Behavior And Marketing Action, Keat Publishing Company, Boston.

Baker, D.A., & Crompton, J.L. 2000. Quality, Satisfaction and behavioral intentions. Annals of Tourism Research, 27 : 3, 785-804.

Cronin, J. Joseph, Jr., Michael K. Brady dan G. Thomas M. Hult.2000.Assessing the Effects of Quality, Value and Customer Satisfaction on Consumer Behavioral Intention in Service Environments, Journal of Retailing, 76(2)

Fandy Tjiptono, 2005. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing

Fullerton, Gordon & Shirley Taylor (2000)., The Role of Commitment in Service Relationship, Kingston, Ontario: School of Business Acadia University, limited publication. p.3-18.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Witt, Stephen F. and Luiz Mountinho. 1994. Tourism Marketing and Management. Second Editio.

Prentice Hall Internasional.

Woodside, A.G., Frey, L.L. and Daly, R.T. (1989). “Linking service quality, customer satisfaction, and behavioral intention”. Journal of Health Care Marketing. Vol. 19. pp. 5-17.

Zeithaml, V.A., Marry Jo Bitner.2000.Service Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm. 2nd ed. International Edition. McGraw-Hil

PlumX Metrics

Published
2018-12-01
How to Cite
Annisa, M. L., & Hutasoit, G. (2018). Pengaruh Daya Saing Destinasi Wisata Terhadap Implementasi Re-Visiting Commitmen Wisatawan Objek Wisata Di Kota Palembang. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 77-86. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.176