EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MICROSOSFT EXCEL BERBASIS INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) (Study Kasus Pada Mahasiswa Manajemen STIE PGRI Dewantara Jombang)
Abstract
abstrak
Penelitian yang dilakukuan di STIE PGRI Dewantara pada program studi manajemen ini bertujuan untuk mengetahu: 1) penerapan pembelajaran Microsoft Excel berbasis interaktif pada mata kuliah teknologi informasi dan komunikasi (TIK), 2) efektivitas pembelajaran Microsoft Excel berbasis interaktif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dan kuisioner kepada 30 atas 3 (tiga) variabel yang mewakili efektivitas, yaitu: 1) Kepuasan Program, 2) Tingkat Input dan Output dan 3) Keberhasilan program. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran Microsoft Excel berbasis interaktif pada mata kuliah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memperoleh hasil penilaian efektivitas secara keseluruhan sebesar 80% berada pada kategori sangat efektiv.
Kata kunci: efektivitas, pembelajaran, interaktif, Mirosoft ExcelDownloads
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Management, accounting, and economic research