Penentuan Fungsi Linear yang Ideal Pada Model Ekonomi Fungsi Penawaran
Abstract
Fenomena ekonomi yang kompleks karena hubungan antar variabel-variabel ekonomi dalam dunia nyata sangatlah kompleks. Fenomena tersebut menjadi sebuah model ekonomi dengan melakukan penyederhanaan. Fungsi penawaran merupakan salah satu fenomena ekonomi yang disederhanakan menjadi sebuah model ekonomi matematis yaitu dengan memilih dua variabel ekonomi yang penting saja yaitu variabel harga dan variabel jumlah barang suatu produk yang ditawarkan. Pembentukan fungsi penawaran dari kumpulan data penawaran yang diberikan yang menggunakan tiga metode matematis yaitu metode dwi-koordinat, metode koordinat-lereng dan metode kuadrat terkecil dalam analisis regresi linear sederhana diperoleh sebelas jenis fungsi penawaran yang berbentuk suatu persamaan linear. Fungsi yang terbentuk tersebut adalah bentuk persamaan linear yang sesuai dengan kaidah serta teori ekonomi fungsi penawaran. Kemudian dengan melakukan analisis kesetimbangan pasar diperoleh tujuh fungsi penawaran yang ideal dari sebelas fungsi yang terbentuk. Keidealan fungsi penawaran tersebut ditentukan dengan diberikan sebuah fungsi permintaan yang diasumsikan ideal. Selain itu, validasi model pada penelitian ini dengan menentukan keidealan suatu fungsi penawaran yang berdasarkan analisis keetimbangan pasar.
Downloads
References
Adilah, A. Bunyamin. 2014. Analisis Pengaruh Permintaan Kredit Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Periode 2000-2013. Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar.
Dumairy., 2015. Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi Ed.2.Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.BPFE-Yogyakarta. Cetakan ke-8
Joko Utomo. 2014. Matematika Ekonomi dan Bisnis. Kudus : BPFE-UMK.
Kalangi, JB., 2015. Matematika Ekonomi dan Bisnis (Edisi 3 Buku 1). Salemba4 Jakarta ISBN 978-979-061-542-7
Muqtadir, Ahmad. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi PermintaanJasa Angkutan Kota Di Kabupaten Pangkep. Fakultas Ekonomi UniversitasHasanuddin, Makassar.
Purbowati, R., & Utomo, L. P. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA PENERIMAAN OPINI DENGAN PARAGRAF PENJELAS GOING CONCERN. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 11(1).
Rosidi A, Syamsianah A. 2012. Optimalisasi Perkembangan Motorik Kasar dan Ukuran Anthropometri Anak Balita di Posyandu “Balitaku Sayang” Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Seminar Hasil-Hasil Penelitian - LPPM UNIMUS 2012. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ psn12012010/article/view/508/557 - Diakses Maret 2016.
Sadono, Sukirno. 2010. Makroekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. PT. RajaGrasindo Perseda. Jakarta
Saragih, Melia, Florenti J. 2000. Analisis factor-faktor yang mempengaruhipermintaan mobil Toyota Kijang pada PT. ASTRA INTERNASIONAL AUTO2000. Universitas Sumatra Utara. Medan.
Yuliana., Wahyudi., Halim., 2002. Pendekatan model matematis untuk menentukan presentasi MURKUP harga jual produk. Jurnal keilmuan dan aplikasi Teknik Industri. Vol.4 No.2 ISSN:2087-7439. Hal.58-72
Yusuf, M., Muji Rahayu, 2012. “Analisis Permintaan Sayuran Dataran Tinggi Oleh Rumah Tangga di Kota Mataram”, Volume 6 Nomor 2
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Management, accounting, and economic research