Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo)

Sri Wulandari

Sari


Fenomena berkembangnya industri makanan dan minuman yang berkembang sangat pesat di Indoenesia yang notobene adalah negara dengan jumlah pemeluk agama islam terbesar di dunia menjadi latar belakang penulis dalam mengambil judul pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian indomie di Sidoarjo, sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan tehnik accidental sampling dengan alat analisis SPSS versi 15 dari hasil penelitian, menggunakan anlisisis regresi berganda diketahui bahwa variabel religiusitas dan label halal merupakan salah satu faktor utama yang mempangaruhi konsumen dalam membeli produk Indomie di Sidoarjo, hasil tersebut sekaligus menjawab tujuan dari penelitin yaitu apakah religiusitas berpengaruh terhdap keputusan pembelian dan apakah label halal mampu mempengaruhi keputusan pembelian.
Kata kunci : Keputusan Pembelian, Religiusitas, Label Halal

Kata Kunci


Keputusan Pembelian; Religiusitas; Label Halal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Umar, A. U. A., Mustofa, M. T. L., Fitria, D., Jannah, A. M., & Arinta, Y. N. (2021). Pengaruh Label Halal dan Tanggal Kadaluarsa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sidomuncul. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 641–647.

Harahap, R. S. P. (2020). PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMBELI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN (Studi Kasus Lingkungan VI Kelurahan Nangka Binjai Utara). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2, 354–376.

Imamuddin, M, Syahrul, S., & Dantes, R. (2020). Pengaruh Label Halal Dimoderasi Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan oleh Mahasiswa PTKIN Se-Sumatera Barat. KABILAH: Journal of Social Community, 5(1), 14–25.

Imamuddin, Muhamad. (2018). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Bukittinggi TA 2016/2017. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 1(1).

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing management. Pearson UK.

Maria, P. (2020). Pengaruh Atribut Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah:(Survey Pada Karyawan PT. Barclay Products Jakarta). EMBISS: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial, 1(1), 40–47.

Mutaalimah, S. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Religiusitas terhadap Perilaku Pembelian Produk Kecantikan Sariayu Berlabel Halal.

Nugroho, A. P. (2015). Pengaruh Religiusitas dan Efikasi Diri Terhadap Perilaku Menabung di Perbankan Syariah. Disertasi Doktor.

Samboro, J., Nurul‘Aini, Y., & Utomo, H. (2020). PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MAKANAN CEPAT SAJI HOKBEN. SENABISMA: Prosiding Seminar Nasional Bisnis Dan Manajemen, 5, 91–96.

Sufi Fauzia, D. R., Pangestuti, E., & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh religiusitas, sertifikasi halal, bahan produk terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 66(1), 37–46.

Trimulyani, D. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Muslimah di Kecamatan Tembilahan. STAI Auliaurrasyididn Tembilahan.

Ulum, S. F., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). CITRA MEREK DAN LABELISASI HALAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(3), 300–312.

Wahyurini, S. C., & Trianasari, N. (2020). Analisis Pengaruh Label halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 39–50.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v4i1.754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.