Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Konsumen

Kristin V Pasaribu, Yuliawati Yuliawati

Sari


Electronic word of mouth (E-WOM) telah menjadi fenomena yang sedang berkembang seiring meningkatnya penggunaan situ jejaring sosial. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi E-WOM terhadap keputusan berkunjung, dan kepuasan konsumen di Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran. Dimensi E-WOM terdiri dari intensitas, valensi opini, konten. Pengambilan sampel dilakukan dengan purporsive metode sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan metode alternatif Partial Least Square (PLS) yang dibantu dengan software smartPLS V.3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi E-WOM yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung adalah konten dan valensi opini sedangkan dimensi E-WOM yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah intensitas dan valensi opini.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adeliasari, Vina Ivana, & Sienny Thio. (2014). Electronic Word of Mouth dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian di Restoran dan Kafe Surabaya. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2.

Ghozali, & Imam. (2006). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (kedua). Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, & Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, & Imam. (2014). Structural Equalition Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (4, ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Goldsmith, R. ., & Horowitz, D. (2006). Measuring motivations for online opinion seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 3–14.

Goyette et all. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Administrative Sciences.

Hutami, Permata, & Sari. (2016). Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Ilmu Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta.

Jalilvand, & Samiei, N. (2012). The Effect of E-WOM on Brand Image and Purchase Intention. Journal of Marketing Intelligence and Planning, 30(4), 460–476.

Jogiyanto H M, & Willy A. (2009). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Lest Square) Untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.

Kotler. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, & Philip. (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia: analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Jurnal Ilmu- Ilmu Pertanian “AGRIKA” , Volume 1 3, Nomor 1, Mei 2019. 1, 59–71.

Mowen J C, & Minor M. (2002). Perilaku Konsumen (5th ed.; Dwi Kartini Yahya, ed.). Jakarta: Erlangga.

Putry, L. ., & All, E. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang). Administrasi Bisnis, 15.

Santosa, P. . (2018). Metode Penelitian dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS. Yogyakarta: CV Andi Offst.

Sarwono, & Jonathan. (2015). Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS SEM). Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Sinaga oriza. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisni.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan. (2004). Perilaku Konsumen. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Tatik Suryani. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wearesosial. (2019). Jumlah Pengguna Media Sosial. In Andi.link. Retrieved from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report

Yunitasari. (2018). Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (2000). Services Marketing: Integrating Customer Focus across the Firm (2nd ed.). Boston: McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v2i2.439

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.