Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label

Noverita Wirayanthy, Singgih Santoso

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari: 1) persepsi harga, 2) citra merk dan 3) kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Indomaret di Yogyakarta dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan Analisa regresi linear berganda, Uji  - T dan Uji – F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta, tidak adanya  pengaruh positif citra merek terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta, terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta, serta terdapat pengaruh positif persepsi harga, citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta.

Kata Kunci


Persepsi Harga; Citra Merek; Kualitas Produk; Minat Beli; Produk Private Label

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assael, H. (2001). Consumer behavior, sixth edition. New York: Thomson Learning.

Assauri, S. (1993). Manajemen produksi, edisi ketiga. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bramasto, A., & Indriani, F. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli produk private label. Diponegoro Journal of Management 6 (4): 1-12.

Dharmmesta, B. S. and Irawan. (2001). Manajemen pemasaran modern, edisi kedua. Jakarta: Erlangga.

Ginting, N. F. H. (2011). Manajemen pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.

Hair, J. F., Black, W. C., & Babin, B. J. (2010). Multivariate data analysis, seventh edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).

Kakkos, N., Trivellas, P., & Sdrolias, L. (2015). Identifying Drivers of Purchase Intention for Private Label Brands: Preliminary Evidence from Greek Consumers.Procedia - Social and Behavioral Sciences 175: 522 – 528.

Kotler, P., Bowen, J., & Makens, J. (1999). Marketing for Hospitality and Tourism, second Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Principles of marketing, eleven edition. New Jersey: Prentice Hall. Pearson Education, Inc. Upper Saddle River.

Kotler, P., dan G. Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran, edisi 12, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K. (2009). Manajemen pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kristinae, V. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Kerajinan Tangan Rotan. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 25-30.

Kusuma, A. F. (2015). Pengaruh Harga, kualitas, Dan Resiko Yang Dipersepsikan Terhadap Minat Pembelian Produk Merek Alfamart Di Surabaya. Working Paper: STIE Perbanas Surabaya.

Lai S. J. & Govindan, S. (2017). Opportunities of private label brands at Malaysia. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship 3 (7): 59–70.

Luftiani, E. I. (2016). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian pada Produk Merek Toko (Studi Kasus pada Konsumen Bio Organik di Supermarket Superindo Yogyakarta). Working Paper: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mustapa, A., Patricia, D. P., & Leonardo, B.H. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragamaan produk sparepart toyota terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasaan pelanggan sebagai variabel. Journal of Management Universitas pandanaran 4 (4): 1-17.

Nur Aini, Q., Suharyono, Hidayat, K. (2016). Pengaruh atmosfer toko dan promosi penjualan terhadap shopping emotion dan pembelian tidak terencana. Jurnal Administrasi Bisnis 37 (1): 164-170.

Peter, J. P. & Olson, J. C. (2000). Consumer behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran jilid 1, edisi keempat. Jakarta: Erlangga.

Punjabi, B. (2010). Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli melalui Sikap terhadap Merek (Studi Kasus pada merek pasta gigi ciptadent di Semarang). Working Paper: Universitas Diponegoro.

Rofiq, A. & Hufrom, M. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di powernoise store. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen Vol 7 (2): 152-167.

Siahaan, S. M. (2011). Pengaruh Persepsi Nilai Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Private Label Carrefour Plaza Medan Fair. Working Paper: Universitas Sumatra Utara.

Soliha, E. (2008). Analisis industri ritel di indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi 15 (2): 128 – 142.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif & rnd. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran, edisi tiga. Yogyakarta: ANDI.

Yoestini, I. N. S. (2012). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk oriflame. Diponegoro Journal of Management 1 (1): 1-17.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.