Ketangguhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Ngrandulor Kabupaten Jombang
Sari
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Ngrandulor Jombang dalam penyusunan laporan keuangan, promosi serta melakukan inovasi. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah para pelaku UMKM Desa Ngrandulor Jombang sebanyak 15 pelaku usaha mayoritas perdagangan dan 30 anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kegiatan ini juga didukung oleh perangkat Desa Ngrandulor Jombang. Masalah umum yang dihadapi mitra adalah kesulitan penyusunan laporan keuangan serta kurangnya kreativitas dalam melakukan promosi dan inovasi. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan secera intensif selama 2 (dua) minggu. Hasil dari kegiatan tersebut adalah peningkatan kemampuan mitra dalam penyusunan laporan keuangan, pembutan promosi yang menarik serta pengembangan inovasi produk.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hasan, Ali. 2009. Marketing. Yogyakarta : MedPress
Hubeis, Musa. 2012. Manajemen Kreativitas dan Inovasi Dalam Bisnis. Jakarta: PT. Hecca Mitra Utama
Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Wali Pers
Kotler, Philip & Gerry Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama
Rifa’i, Bachtiar. 2013. Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Vol. 1, No. 1, Januari 2013.
Setyawati, Irma. 2009. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Perekonomian Nasional. Stima Kosgoro: WIDYA Tahun 26 Nomor 288 September 2009
Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah. Exposure Draft diterbitkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting, Jakarta: LP3ES
Ulfah, Ika Farida. 2016. Akutansi Untuk UMKM. Surakarta: Penerbit CV Kekata Group
DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v4i2.700
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Diindeks :