Manajemen Keuangan Pada Unit Pengelola Uang Jimpitan Yang Menghadapi Masalah Manajemen

Aan Zainul Anwar, Subadriyah Subadriyah, Fatchur Rohman

Sari


Keragaman budaya yang ada di Indonesia memunculkan corak dan kegiatan masyarakat yang berbeda-beda. Salah satunya di Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara dimana masyarakat RT-nya melaksanakan kegiatan jimpitan yang hasilnya untuk kebersamaan. Namun demikian dalam melaksanakan kegiatannya kelompok dihadapkan pada suatu permasalahan yaitu belum adanya system dan prosedur pelaksana jimpitan, manajemen organisasi dan manajemen keuangan. Dari permasalahn yang ada maka dibuat program prioritas yang disepakati dengan mitra yaitu; 1. Program Penyusunan Sistem akuntansi dan Keuangan, 2. Program Penyusunan manajemen tata kelola organisasi. Kedua program tersebut dilaksanakan dengan melibatkan mitra sebagai pihak yang mengaplikasikan hasil kegiatan ini. Hasil dari kedua kegiatan ini adalah tersusunnya sistem akuntansi dan keuangan yang diberi nama software System Informasi Manajemen Rukun Tangga (SIMRT) dan manual dari software yang akan dijadikan panduan bagi pengguna sistem SIMRT secara berkelanjutan. Program Penyusunan manajemen tata kelola organisasi dilaksanakan dengan kegiatan pelatihan manajemen tata kelola, dan menyusun SOP bagi kedua mitra. SOP yang disusun diantaranya; SOP kelembagaan, SOP Pengelolaan Usaha Lembaga, SOP Keuangan Kelompok jimpitan, dan SOP Akuntansi Kelompok Jimpitan. Dengan adanya SOP tersebut diharapkan ke depan unit pertokoan hendaknya dijadikan acuan kerja dan selalu diupayakan untuk diperbaiki agar sesuai dengan perkembangan atau perubahan zaman.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS Jepara. (2015). Mlonggo dalam Angka. Jepara: BPS.

Dayah, S. H. (2015, 12 22). Beras Jimpitan. Diambil kembali dari Femina: http://www.femina.co.id/article-writer/-beras-jimpitan

Harsono, W. (2014). Jimpitan, Modal Sosial yang Menjadi Solusi Permasalahan Masyarakat. Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik, 131-145.

Surono. (2012). Build The Economic Integration With Jimpitan Model In Javanese Society. 2nd International Conference onInternational Relations and Development (ICIRD 2012) 'Towards an ASEAN conomicCommunity (AEC) - Prospects, Challenges, and Paradoxes in Development,Governance and Human Security. Chiang Mai: Thailand.

Surono. (t.thn.). JIMPITAN: SARANA MEMBANGUN KEHARMONISAN MASYARAKAT, Makalah akhir Mata Kuliah Menulis Etnografi S2 Antropologi . Yogyakarta: UGM.

Wardhana, H. (2015, 8 3). “Jimpitan”, Iuran Unik ala Orang Desa. Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/wardhanahendra/55beec512223bd0a05edff91/jimpitan-iuran-unik-ala-orang-desa?page=all

Widjajanti, K. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan , 15-27.




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v3i2.426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks :