Diseminasi Teknologi Pengelolaan Pam Desa “SIPAMDES” Berbasis Website di Desa Kaligading
Abstract
Desa Kaligading yang terletak di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, memiliki usaha pengadaaan air bersih yang diperoleh dari sumur bor yang dikelola oleh 6 titik wilayah. Seluruh saluran mulai dari mata air hingga siap pakai oleh konsumen didukung dengan ketersediaan Perusahaan Air Minum (PAM). Sayangnya, pengelolaan PAM di Desa Kaligading masih belum baik, karena masih menggunakan metode manual yaitu pencatatan oleh petugas tiap bulan berdasarkan catatan petugas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh tim penulis berupa diseminasi teknologi pengelolaan dan pencatatan penggunaan air yang disebut SIPAMDES. Kegiatan ini dapat diselesaikan dengan baik dan membawa manfaat yaitu: 1) membatu pengurus PAM Desa dalam mengola data, 2) melayani proses pembayaran dan informasi dengan lebih cepat, lengkap dan akurat, 3) pelanggan dapat mengetahui informasi tagihan atau tunggakan yang belum dibayar, 4) pelanggan dapat menyampaikan pengaduan.
Downloads
References
Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58.
Ariantoro, T. R. (2017). Penerapan Metode Usability Pada Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus : Website PDAM Tirta Musi Palembang). Semnas IIB Darmajaya, 1(1), 27–38.
Aris, Laeliyah, Putra, M. I., Priskilawati, & Sihabudin. (2017). Aplikasi Sistem Pelayanan Data Pelanggan Berbasis Web Pada PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 79–84.
Dariana, & Desriyanti, W. (2017). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembayaran Biaya Tagihan Pemakaian Air Bersih Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Bengkalis. Jurnal Akuntansi Syariah, 1(2), 207–230.
Herlambang, A. (2018). Aplikasi Sistem Penyediaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Pulau Pandangan, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan. Jurnal Air Indonesia, 9(1), 29–36.
Murtopo, A. A., & Angesti, D. C. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Tagihan Rekening Dan Pengaduan Pelanggan Berbasis SMS Gateway Di PDAM Kota Tegal. Jurnal SIMETRIS, 8(2), 457–468.
Pratama, A., Piarsa, I. N., & Wibawa, K. S. (2020). Prototipe Sistem Prabayar Pdam Terpadu Menerapkan Teknologi Internet Of Thing. Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 5(2), 82–95.
Suardiana, I. M. N., Agung, I. G. A. P. R., & Rahardjo, P. (2017). Rancang Bangun Sistem Pembacaan Jumlah Konsumsi Air Pelanggan PDAM Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328 Dilengkapi SMS. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 16(1), 31–40.
Subhan, D., Tang, U. M., & Fatnanta, F. (2016). Strategi Pemanfaatan Sumber Air Di Kabupaten Siak Untuk Pengembangan Unit Pelayanan Teknis Daerah (Uptd) Air Minum Kabupaten Siak. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 7(1), 11–18.
Supriatna, A. D., & Rizal, A. (2020). Sistem Informasi Keluhan Pelanggan PDAM Kabupaten Garut Berbasis Web. Jurnal Algoritma, 17(2), 485–490.
Yusvanli, U., & Alimuddin, Y. (2019). Perancangan Sistem Pengajuan Pemasangan Baru PDAM. SemanTECH, 1(1), 145–153.
Copyright (c) 2021 Mega Novita, Rahmat Robi Waliyansyah, Nugroho Dwi Saputro, Bambang Agus Herlambang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License