Diseminasi Teknologi Pengelolaan Pam Desa “SIPAMDES” Berbasis Website di Desa Kaligading

  • Mega Novita Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Robi Waliyansyah Universitas PGRI Semarang
  • Nugroho Dwi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Bambang Agus Herlambang Universitas PGRI Semarang
Abstract views: 284 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 174

Abstract

Desa Kaligading yang terletak di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, memiliki usaha pengadaaan air bersih yang diperoleh dari sumur bor yang dikelola oleh 6 titik wilayah. Seluruh saluran mulai dari mata air hingga siap pakai oleh konsumen didukung dengan ketersediaan Perusahaan Air Minum (PAM). Sayangnya, pengelolaan PAM di Desa Kaligading masih belum baik, karena masih menggunakan metode manual yaitu pencatatan oleh petugas tiap bulan berdasarkan catatan petugas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh tim penulis berupa diseminasi teknologi pengelolaan dan pencatatan penggunaan air yang disebut SIPAMDES. Kegiatan ini dapat diselesaikan dengan baik dan membawa manfaat yaitu: 1) membatu pengurus PAM Desa dalam mengola data, 2) melayani proses pembayaran dan informasi dengan lebih cepat, lengkap dan akurat, 3) pelanggan dapat mengetahui informasi tagihan atau tunggakan yang belum dibayar, 4) pelanggan dapat menyampaikan pengaduan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58.

Ariantoro, T. R. (2017). Penerapan Metode Usability Pada Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus : Website PDAM Tirta Musi Palembang). Semnas IIB Darmajaya, 1(1), 27–38.

Aris, Laeliyah, Putra, M. I., Priskilawati, & Sihabudin. (2017). Aplikasi Sistem Pelayanan Data Pelanggan Berbasis Web Pada PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 79–84.

Dariana, & Desriyanti, W. (2017). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembayaran Biaya Tagihan Pemakaian Air Bersih Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Bengkalis. Jurnal Akuntansi Syariah, 1(2), 207–230.

Herlambang, A. (2018). Aplikasi Sistem Penyediaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Pulau Pandangan, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan. Jurnal Air Indonesia, 9(1), 29–36.

Murtopo, A. A., & Angesti, D. C. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Tagihan Rekening Dan Pengaduan Pelanggan Berbasis SMS Gateway Di PDAM Kota Tegal. Jurnal SIMETRIS, 8(2), 457–468.

Pratama, A., Piarsa, I. N., & Wibawa, K. S. (2020). Prototipe Sistem Prabayar Pdam Terpadu Menerapkan Teknologi Internet Of Thing. Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 5(2), 82–95.

Suardiana, I. M. N., Agung, I. G. A. P. R., & Rahardjo, P. (2017). Rancang Bangun Sistem Pembacaan Jumlah Konsumsi Air Pelanggan PDAM Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328 Dilengkapi SMS. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 16(1), 31–40.

Subhan, D., Tang, U. M., & Fatnanta, F. (2016). Strategi Pemanfaatan Sumber Air Di Kabupaten Siak Untuk Pengembangan Unit Pelayanan Teknis Daerah (Uptd) Air Minum Kabupaten Siak. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 7(1), 11–18.

Supriatna, A. D., & Rizal, A. (2020). Sistem Informasi Keluhan Pelanggan PDAM Kabupaten Garut Berbasis Web. Jurnal Algoritma, 17(2), 485–490.

Yusvanli, U., & Alimuddin, Y. (2019). Perancangan Sistem Pengajuan Pemasangan Baru PDAM. SemanTECH, 1(1), 145–153.

PlumX Metrics

Published
2021-12-04
How to Cite
Novita, M., Waliyansyah, R. R., Saputro, N. D., & Herlambang, B. A. (2021). Diseminasi Teknologi Pengelolaan Pam Desa “SIPAMDES” Berbasis Website di Desa Kaligading. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(1), 13 - 18. https://doi.org/10.26533/comvice.v6i1.860