Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Proposal Pengajuan Kredit Bank Bagi Para Pedagang Pasar Tradisonal Sukawinatan Palembang

Jusmawi Bustan, Divianto Divianto, Heri Setiawan

Sari


Tujuan  dari  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  adalah  untuk  memberikan

pelatihandan pendampingan pembuatan proposal pengajuan kredit bank kepada para pedagang UMKM di Pasar Tradisonal Suwawinatan.    Permasalahan mitra yang diidentifikasi adalah banyak pedagang atau pelaku UMKM tersebut yang mengeluhkan mengenai ketidaktahuan atau ketidakpahaman mereka tentang proposal pengajuan kredit mikro ke bank. Mereka juga kurang tahu bagaimana pengembangan usaha dan manajemen permodalan yang  baik.  Hal  ini  dikarenakan latar  belakang pendidikan dan  kurangnya informasi yang mereka terima.  Prioritas  permasalahan yang akan dipecahkan solusinya adalah melalui metode pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal pengajuan kredit bank. Disamping itu, memberikan penyuluhan mengenai pengembangan usaha dan manajemen permodalan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal pengajuan kredit bank bagi para pedagang yang juga sekaligus pelaku atau pemilik UMKM Pasar Tradisional Sukawinatan dilaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Walaupun hasil tingkat pemahaman dan praktik dari 16 peserta aktif masih dalam skala 71%-80,99%, maka kegiatan pengabdian masyarakat ini dinyatakan “cukup baik” dan tersedia 4 proposal pengajuan kredit bank dari hasil kegiatan pendampingan.


Kata Kunci


Proposal; Pengajuan Kredit; Bank; Pedagang; UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BIBLIOGRAFI

Firdaus, Rachmat dan Maya, Ariyanti. 2009. Manajemen Perkreditan Bank Umum: Teori, Masalah, Kebijakan dan Aplikasi Lengkap dengan Analisis Kredit. Alfabeta: Bandung.

Firdaus, Rahmat. 2009. Manajemen Perkreditan Bank Umum. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Hasibuan S.P,Malayu. 2008. Dasar-dasar Perbankan. PT. Grafindo: Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-11.

Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Ikatan Akuntan Indonesia, Standart Akuntansi Keuangan 2004, Penerbit Salemba

Empat, Jakarta.

Jopie, Jusuf. 2003. Kiat Jitu Memperoleh Kredit Bank, PT. Elex Media Komputindo

Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kasmir, 2001. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya. Edisis revisi. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Kasmir. 2001. Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2002. PT. Raja

Grafindo Persada: Jakarta.

Thomas, Suyatno, 2007. Kelembagaan Perbankan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Tristiarto, Yoko; Agus Kusmana; dan Tri Siswantini. 2017. Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Proposal Pengajuan Kredit Bank Bagi Kelompok Usaha Perikanan di Wilayah Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. Bina Widya, Volume 26 Nomer 2, Edisi Mei 2015. 95-100.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang No. 10/1998 tentang kredit

Bank Indonesia. 1998. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Jakarta: Gramedia Bank Indonesia, 1998, UU No. 10 tahun 1998, tentang perubahan terhadap UU No. 7 tahun 1992, Jakarta.

Undang-Undang No. 20 tahun 2008 tentang UMKM.




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v1i1.146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks :