SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PADA UMKM DESA JOMBOK GUNA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMASARAN PRODUK
PDF

How to Cite

Astutik, M., & Indah Parwati, K. (2022). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PADA UMKM DESA JOMBOK GUNA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMASARAN PRODUK. SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 4(1), 85-88. Diambil dari https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/1009

Abstrak

Kata “Desa” selalu berkaitan dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dimana unit usaha ini sering dijumpai di wilayah pinggiran kota khususnya desa. Secara umum, UMKM yang ada di Desa Jombok memiliki potensi dan daya saing yang tinggi namun dalam perkembangannya terkendala oleh beberapa faktor. Dari hasil penelitian dan observasi lapangan team mahasiswa KKN 18 menemukan, bahwa sebagian besar kendala yang dialami oleh pemilik UMKM Desa Jombok adalah pada pemasarannya. Pemasaran yang dimaksud ialah pemasaran secara online, dimana kebanyakan pemilik UMKM merasa kesulitan dalam penggunaan aplikasi dan marketplace online, metode-metode promosi yang tepat, hingga masalah administratif terkait dengan pemanfaatan media sosial guna memasarkan produknya. Untuk itu, tim pengabdian dosen dan mahasiswa melakukan kegitan antara lain: 1) Observasi UMKM sasaran, 2) Mengadakan sosialisasi tentang Pemasaran Produk secara online, 3) Memberikan pelatihan secara langsung tentang Pemasaran Produk secara online, 4) Melakukan pemantauan dan evaluasi atas capaian kegiatan pemasaran. Pengabdian tersebut telah dilaksanakan dengan baik. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan sasaran utama ialah Sosialisasi dan Pelatihan Pemasaran Online pada UMKM di Desa Jombok.

Kata kunci: Desa Jombok, UMKM, Pemasaran Online

PDF

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.