Analisis Perbedaan Nilai Harga Saham Sebelum Dan Setelah Stock Split

  • Abd Rohim STIE PGRI Dewantara Jombang
Abstract views: 615 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 939

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris aktivitas stock split mempunyai dampak yang signifikan terhadap harga saham dilihat dari 5 hari dan 3 hari setelah pengumuman pemecahan saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang listing di BEI yang melakukan stock split mulai tahun 2010 – 2011. Teknik sampel menggunakan purposive dengan menganalisis nilai nominal saham harian perusahaan yang melakukan stock split yang diperoleh dari PT. Bursa Efek Indonesia periode 2010 hingga 2011. Metode analisis menggunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test), Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai harga saham setelah perusahaan melakukan stock split, baik dilihat dari lima hari setelah pemecahan maupun tiga hari setelah pemecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ang, Robert 1997. Buku Pintar Indonesia (The Intellegent Guide to Indonesia Capotal Market), Semarang: Mediasoft Indonesia.

Chotyahani, 2010. Analisis Pengaruh Stock Split Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Abdul Abdul Halim, 2005. Analisis Investasi, Jakarta: Penerbit Salemba Empat (PT Salemba Patria)

Jogianto, 2000. Teori Fortofolio Dan Analisis Investasi, Yogyakarta: Penerbit BPFE-YOGYAKARTA.

Fahmi, Irham dan Yovie Lavianti Hadi, “Teori Portofolio dan Analisis Investasi”. Penerbit, Bandung, 2009.

Fatmawati,Sri dan Asri, Marwan. 1999. “Pengaruh Stock Split Terhadap Likuiditas Saham yang Diukur dengan Besarnya Bid-Ask Spread di Bursa Efek Jakarta,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Volume 14, No.4.

Marwata. 2001. “Kinerja Keuanagan, Harga Saham dan Pemecahan Saham,” Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Volume 4, No.2.

Mason, Helen B, and Roger M. Shelor,1998. “Trading Range Theory dan Signaling Theory,” Rohana, Jeannet, dan Mukhlasin 2003

Pandji Anoraga, S.E., M.M, Piji Pakarti, S.E. 2001. Pengantar Pasar Modal, Semarang: Penerbit PT Rineka Cipta.

Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM). Anual Report, Harga Saham Harian, Laporan Keuangan. PT Bursa Efek Indonesia. Surabaya.

Riduwan, 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Riduwan, Rusyana, Adun dan Enas. 2011. Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Setiyanto, A,. 2006, “Analisis Lukuiditas Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split di Bursa Efek Jakarta”, Fakultas Ekonomi Islam Indonesia.

Sunariyah, S.E., MSi. 2000. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Yogyakarta: Penerbit Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Wibowo, Purwo Adi, 2005. Analisis Perbedaan Variabilitas Keuntugan Saham, Aktivitas Perdagangan Saham dan Bid-Ask Spread Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Empiris di Bursa Efek Jakarta Periode 1994-2004). Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, Maret, vol. 2, no. 1, p. 1-20

Setiyanto, A,. 2006, “Analisis Lukuiditas Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split di Bursa Efek Jakarta”, Fakultas Ekonomi Islam Indonesia.

PlumX Metrics

Published
2021-04-30
How to Cite
Rohim, A. (2021). Analisis Perbedaan Nilai Harga Saham Sebelum Dan Setelah Stock Split. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(1), 55 - 66. https://doi.org/10.26533/jmd.v4i1.771