Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam
Abstract
Kota Batam merupakan kota industri yang kemudian beralih menjadi kota pariwisata. Kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD kota Batam untuk tahun 2015 sebesar 17,56%. Namun demikian, keterbatasan program promosi yang dilakukan menyebabkan masih banyak masyarakat yang masih belum mengetahui adanya objek-objek wisata pantai yang dikelola masyarakat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan manfaat penggunaan beberapa media sosial yang terdiri dari variabel Youtobe, Facebook, Instagram, Twitter terhadap Brand Awareness. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dengan melibatkan 384 orang responden yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui alatbantu kuisioner. Alat analisa menggunakan Regresi Linear Berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial (youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter) berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Awareness dan sangat penting dalam meningkatkan kesadaran merek pariwisata berbasis swadaya masyarakat. Hasil Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan media sosial terbukti berpengaruh signifikan terhadap pemasaran obyek wisata di kota Batam. Akan tetapi, hal ini belum dimanfaatkan secara maksimal, terbukti baru 3 dari 19 kawasan wisata yang sudah memanfaatkan media sosial untuk mendukung program promosinya. Karena itu, perlu dukungan dari berbagai pihak yang terkait untuk mendukung promosi obyek wisata di Kota Batam.
Downloads
References
APJII. (2016). No Title. Retrieved December 19, 2018, from https://www.apjii.or.id/downfile/downloadsurvei/infografis_apjii.pdf
Arisandi, D. (2017). The Influence Of Humor Appeals to Brand Awareness in Television Advertisement. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(1), 1–8.
BPS Kota Batam. (2015). No Title. Retrieved December 19, 2018, from https://batamkota.bps.go.id/statictable/2015/12/17/49/tingkat-penghunian-kamar-hotel-berbintang-menurut-klasifikasi-bintang-2014.html
BPS Kota Batam. (2017a). No Title. Retrieved December 19, 2018, from https://batamkota.bps.go.id/statictable/2018/11/07/69/banyaknya-wisman-jiwa-yang-datang-melalui-pintu-masuk-batam-dan-pertumbuhannya-persen-2010-2017.html
BPS Kota Batam. (2017b). No Title. Retrieved December 19, 2018, from https://batamkota.bps.go.id/dynamictable/2017/10/03/23/penduduk-kota-batam-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin-2011-2016.html
Constantinos Iacovou. (2016). An Analysis of Social Media Marketing Strategies and Best Practices of Hospitality and Tourism Organizations. Prescott Vallley.
Dewi, Luh Komang Candra; Wisnawa, I Made Bayu; Prayogi, P. A. (2015). Positioning Pengembangan Daya Tarik Wisata Kabupaten Tabanan Menjadi Destinasi Kreatif dan Berkelanjutan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(2), 126–134.
Disbudpar Kota Batam. (2016). Pengembangan Pariwisata Kota Batam. Batam.
Hays, S., Page, S. J., & Buhalis, D. (2013). Social media as a destination marketing tool: its use by national tourism organisations. Current Issues in Tourism. https://doi.org/10.1080/13683500.2012.662215
Rossiter, J. R., & Percy, L. (1987). Advertising and Promotion Management. New York: Mc-Graw Hill International.
Sembiring, J. P. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung. Jurnal Simbolika, 2(1).
Social, W. A. (2017). No Title.
Stokes, R. C. (1985). The Effects of Price, Package Design, and Brand Familiarity on Perceived Quality. In Perceived Quality (pp. 233–246). Toronto: Lexington Books.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License