Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jombang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 karyawan. Teknik analisa data menggunakan analisis regrensi linier berganda dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan 2) komitmen organisasi berpengaruh posisi dan signifikan terhadap kinerja karyawan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan.
Downloads
References
Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2009). Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 10(2), 124-135.
Marpaung, Renopa (2011)Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2011). Human resource management: Essential perspectives. Cengage Learning.
Murty, W. A., & Hudiwinarsih, G. (2012). Pengaruh kompensasi, motivasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Surabaya). The Indonesian Accounting Review, 2(02), 215-228.
Lestari, D. (2014). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Regional V Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama).
Pratiwi, Riska. 2012. Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai padakantor pelayanan kekayaan negara dan lelang Makasar, programstudi manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitasHasanudin: Makasar.
Robbins, S.P. 2006. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Terjemahan oleh Hadyana Pujaatmaka. 1996. Surabaya : PTPrenhallindo. Robbins, Stephen P, dan Timothy. 2008. Perilaku Organisasi. Ed.12. Jakarta:
Robbins, stephen, dan Mary Coulter. 2001. Manajemen. Jakarta: Erlangga Salemba Empat.
Singarimbun. 2006. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta. SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Terbitan ke-25. Alfabeta CV. Bandung.
UU No.33/1947 jo UU No.2/1951 tentang kecelakaan kerja,
Peraturan Menteri Perburuhan (PMP) No.48/1952 jo PMP No.8/1956 tentang pengaturan bantuan untuk usaha penyelenggaraan kesehatan buruh,
PMP No.15/1957 tentang pembentukan Yayasan Sosial Buruh,
PMP No.5/1964 tentang pembentukan Yayasan Dana Jaminan Sosial (YDJS), UU No.14/1969 tentang Pokok-pokok Tenaga Kerja.
PP No.34/1977 tentang pembentukan wadah penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek.
UU No.3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK).
PP No.36/1995 ditetapkannya PT Jamsostek sebagai badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja.
UU Nomor 40Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.
UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
Wilson, A., Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2012). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (No. 2nd Eu). McGraw Hill.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License