Ketangguhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Ngrandulor Kabupaten Jombang
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Ngrandulor Jombang dalam penyusunan laporan keuangan, promosi serta melakukan inovasi. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah para pelaku UMKM Desa Ngrandulor Jombang sebanyak 15 pelaku usaha mayoritas perdagangan dan 30 anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kegiatan ini juga didukung oleh perangkat Desa Ngrandulor Jombang. Masalah umum yang dihadapi mitra adalah kesulitan penyusunan laporan keuangan serta kurangnya kreativitas dalam melakukan promosi dan inovasi. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan secera intensif selama 2 (dua) minggu. Hasil dari kegiatan tersebut adalah peningkatan kemampuan mitra dalam penyusunan laporan keuangan, pembutan promosi yang menarik serta pengembangan inovasi produk.
Downloads
References
Hasan, Ali. 2009. Marketing. Yogyakarta : MedPress
Hubeis, Musa. 2012. Manajemen Kreativitas dan Inovasi Dalam Bisnis. Jakarta: PT. Hecca Mitra Utama
Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Wali Pers
Kotler, Philip & Gerry Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama
Rifa’i, Bachtiar. 2013. Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Vol. 1, No. 1, Januari 2013.
Setyawati, Irma. 2009. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Perekonomian Nasional. Stima Kosgoro: WIDYA Tahun 26 Nomor 288 September 2009
Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah. Exposure Draft diterbitkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting, Jakarta: LP3ES
Ulfah, Ika Farida. 2016. Akutansi Untuk UMKM. Surakarta: Penerbit CV Kekata Group
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License