Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Dimediasi Oleh Citra Destinasi

Chusnul Rofiah

Sari


Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap keputusan berkunjung pada pengunjung Kenduren Wonomerto 2) Untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap citra destinasi pada pengunjung Kenduren Wonomerto 3) Untuk mengetahui pengaruh Citra destinasi terhadap keputusan berkunjung pada pengunjung Kenduren Wonomerto. 4) Untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap keputusan berkunjung yang dimediasi citra destinasi pada pengunjung Kenduren Wonomerto. Penelitian menggunakan metode penelitian eksplanasi yang dilaksanakan melalui pengumpulan data dilapangan. Asumsi-asumsi yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa variabel-variabel yang dapat diukur dengan menggunakan variabel-variabel yang diukur dengan menggunakan tanggapan responden dengan angket, sampel adalah pengunjung Kenduren Wonomerto sebanyak 100 pengunjung, analisa data dengan menggunakan SEM dengan pendekatan WarpPLS dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Electronic Word Of Mouth mampu meningkatkan Citra destinasi ke Kenduren Wonomerto 2) Citra destinasi mampu meningkatkan keputusan berkunjung ke Kenduren Wonomerto 3) Electronic Word Of Mouth tidak mampu meningkatkan keputusan Berkunjung ke Kenduren Wonomerto 4) Citra destinasi memediasi penuh peningkatan electronic word of mouth dengan keputusan berkunjung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arafat, W. (2006). Behind A Powerful Image: Menggenggam Strategi dan Kunci-kunci Sukses Menancapkan Image Perusahaan yang Kokoh. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gosal, J., Andajani, E., & Rahayu, S. (2020). The Effect of e-WOM on Travel Intention, Travel Decision, City Image, and Attitude to Visit a Tourism City. Paper presented at the 17th International Symposium on Management (INSYMA 2020).

Handoko, H. J. M. P. S. (2009). Manajemen, Edisi II, BPFE dan LMP2M-YKPN, Jakarta Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 1990.

Kalebos, F. J. J. R. B. d. M. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Daerah Wisata Kepulauan. 4(3).

Kumalasari, R. D., Gutama, W. A., & Pratiwi, D. E. J. H. (2018). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung ke Agrowisata Café Sawah Pujon Kidul. 29(2), 65-75.

Lopes, S. D. F. (2011). Destination image: Origins, developments and implications. PASOS. Revista de Turismo y Patrimonio Cultural, 9(2), 305-315.

Musthofa, F., & Isa, M. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi, Wom (Word Of Mouth), Promosi Dan Daya Tarik Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhammadiyah Surakarta,

Solimun. (2017). Multivariate Statistical Method: Structural Equation Modeling Based on WarpPLS.

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1-10.

Syah, F. (2017). Strategi Mengembangkan Desa Wisata.

Torlak, O., Ozkara, B. Y., Tiltay, M. A., Cengiz, H., & Dulger, M. F. (2014). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An application concerning cell phone brands for youth consumers in Turkey. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 8(2), 61.

Wahyuni, D., Wahjoedi, W., Banu, B., & Witjaksono, M. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS BUDAYA LOKAL (Studi Pengembangan Di Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang). Paper presented at the National Conference on Economic Education.




DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v3i1.527

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.