Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis

Esty Hartiningrum, Safiil Maarif, Nahlia Rakhmawati

Sari


Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk melatih jiwa wirausaha siswi MTs Al Hikmah Janti Jogoroto melalui pemanfaatan limbah kain perca menjadi produk yang bernilai ekonomis. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk: 1) penyuluhan dan pemahaman wirausaha pada siswa, 2) praktik dan pendampingan pembuatan produk, 3) monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan tersebut adalah: siswi mampu memanfaatkan limbah kain perca menjadi produk unik antara lain: 1) bros, 2) gantungan kunci, 3) taplak meja serta produk kreativitas lainnya yang memiliki nilai jual. Diharapkan, kegiatan ini mampu menjadi pemantik jiwa wirausaha pada siswa sekaligus mengurangi limbah kain perca dan mengubahnya menjadi produk yang lebih bermanfaat.

Kata Kunci


Limbah kain perca; siswa; produk ekonomis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dikti (2012). Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat edisi IX . Dirjen Dikti Jakarta

Fanny, 2018. Mengenal Kerajinan Kain perca. https://www.fesyendesign.com/mengenal-kerajinan-kain-perca/. Diakses pada tanggal 20 Juli 2019

Septiawati, R., Murhad, A., Dinata, D., Anggainy, R., Sari, W., & Febrianty, F. (2019). Pemanfaatan Limbah Kain Perca Sebagai Alternatif Peluang Usaha. Comvice: Journal of community service, 3(1), 1-8.

Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung-Jombang. Comvice: Journal of community service, 2(1), 9-14.




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v4i2.667

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks :