Peran Ibu Rumah Tangga Guna Menjaga Bumi Bebas Dari Polusi Sampah Plastik

Siti Zuhroh

Sari


Fenomena krisis sampah plastik di daratan maupun di laut, sangat mengkhawatirkan bagi lingkungan. Hal ini karena sifat plastik yang tidak mudah terurai dalam jangka waktu yang sangat lama sehingga menyebabkan banyak dampak negatif antara lain kematian binatang laut, pencemaran tanah hingga terkontaminansinya air dan tanah dengan zat kima berbahaya. Untuk itu, diperlukan kerjasama dan kepedulian dari berbagai pihak untuk mengatasi hal ini, termasuk salah satunya adalah peran nyata perguruan tinggi.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang mengambil tema pemberdayaan ibu rumah tangga guna meminimalisir dampak pencemaran sampah plastik ini dilakukan di wilayah Desa Sengon Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang dengan mitra kegiatan adalah para ibu rumah tangga. Kegiatan PKM ini dilakukan pada tahun 2018 – 2019 dengan menggerakkan mitra untuk membentuk suatu komunitas peduli sampah. Kegiatan PKM ini terbukti cukup berhasil yaitu dengan mulai terbentuknya suatu komunitas pegiat sampah dengan nama KopeSamberlijo. Namun demikian, kegiatan PKM ini hanyalah awal, sehingga diperlukan upaya lebih lanjut agar kegiatan ini tidak berhenti pada saat kegiatan PKM selesai.

Kata Kunci


Sampah; Plastik; Ibu Rumah Tangga; KoPe Samberlijo; Sengon

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Databoks.katadata (2017). Alfamart dan Indomaret bertambah terus. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/12/alfa-dan-indomaret-terus-tambah-gerai.

Hayami Y, Kawagoe T, Morooka Y, Siregar M. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village. Bogor : CGPRT Centre.

M.H. Wismabrata, 2018. Krisis sampah plastik ancam Indonesia. https://sains.kompas.com/read/2018/04/23/190600123/krisis-sampah-plastik-ancam-indonesia-seberapa-parahkah-kondisinya.

Mutiarni, R., Utomo, L. P., & Zuhroh, S. (2017). Pendampingan Pencatatan Transaksi Keuangan Pada Koperasi Bunga Harapan Desa Ceweng. Comvice: Journal of community service, 1(1), 33-38.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern

Sopiah, S., & Pd, M. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Waste4Change , 2019. Mendukung Konsep Hijau 3R (Reduce-Reuse-Recycle).

https://waste4change.com/waste4change-supports-3r-reduce-reuse-recycle-green concept/2/




DOI: https://doi.org/10.26533/comvice.v4i1.617

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks :