Siapkah Usaha Mikro Kecil dan Menengah Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ?

Benih Hartanti

Sari


Kepentingan dan urgensi sebagai bagian dari pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah menjadi agenda pada semua industri negara-negara ASEAN termasuk industry mode. Studi ini menguji kesadaran UMKM di industri mode akan MEA dan ketetapan umum MEA yang selanjutnya akan dikaitkan dengan sikap berakuntansi dalam MEA. Survei dilakukan pada 30 UMKM bidang mode di Jombang, Indonesia. Hasil studi menunjukkan bahwa kesadaran akan MEA dan ketetepan umum MEA masih di bawah poin rata-rata. Namun, hasil studi juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan atas kesadaran dan sikap berakuntansi pada MEA. Selanjutnya, meskipun terdapat hubungan yang signifikan atas kesadaran dan sikap berakuntansi pada MEA, namun hasil studi menunjukkan bahwa sikap atas MEA tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi pelaku bisnis UMKM pada perkembangan bisnis mode mereka

Kata Kunci


kesadaraan, sikap berakuntansi, persepsi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan pusat statistik. pertumbuhan UMKM di Indonesia .http://www.Suarapembaruan.com/index.php.

Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong.2001. Marketing, Terjemahan: Herujati, Jilid I Cetakan Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moleong, J. Lexy. 2007. Metodologi penelitian kualitatif.

Mutiarni, R. (2017). Implementasi Electronic Data Processing Pada Koperasi Wanita. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2 Okt), 135-148.

Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung-Jombang. Comvice: Journal Of Community Service, 2(1), 9-14.

Radiosuno, 2001. Konsep, sistem, dan konsep pemasaran, FE-UGM, Yogyakarta.

Rohim, A., & Kurniawan, I. (2017). Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Carang Wulung Wonosalam. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 23-28.

Sudisman, U., & Sari, A. (2008). Undang-Undang Usaha kecil 1995 dan Peraturan Perkoperasian. Jakarta: Mitrainfo.

Tull, D. S., & Kahle, L. R. (1990). Marketing management. New York, NY.: Macmillan.




DOI: https://doi.org/10.26533%2Feksis.v13i1.134

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Diindeks oleh:

             

 

 

Flag Counter

 

View My Stats