Sebuah Fenomena Bank Syariah di Kota Santri

Wenda Wahyu Christiyanto, Mardi Astutik

Sari


Bank Syariah telah beroperasi di Indonesia selama kurang lebih 20 tahun di Indonesia. Tonggak awal Bank Syariah di Indonesia ditandai dengan mulai beroperasinya Bank Muamalat pada tahun 1992, kemudian diikuti oleh Bank Syariah lainnya. Dengan penduduk Indonesia yang saat ini berjumlah lebih dari 250 juta jiwa, dengan mayoritas muslim, seharusnya hal itu menjadi pasar potensial Bank Syariah. Namun ternyata Bank Syariah belum mampu mengimbangi dominasi Bank Konvensional. Selama 20 tahun lebih beroperasi di Indonesia, Bank Syariah hanya mampu menembus 5% pangsa pasar perbankan. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini berupaya untuk menganalisa Bank Syariah dari aspek pemasarannya. Penelitian ini dilakukan di Jombang, yang juga disebut sebagai kota santri. Kota Jombang dianggap dapat merefleksikan fenomena yang ada dalam skala nasional, karena Jombang penduduknya mayoritas muslim dengan budaya Islamnya yang kental. Penelitian ini berupaya untuk menganalisa pengaruh Contemporary Marketing Mix terhadap minat masyrakat untuk menjadi nasabah Bank Syariah, dengan Brand Image sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode survey, serta menggunakan teknik SEM-PLS dengan alat WarpPLS 5.0 untuk analisa data. Hasil analisa telah memenuhi asumsi outer model, inner model dan model fit, serta menunjukkan bahwa Contemporary Marketing Mix mempengaruhi minat beli, dengan Brand Image sebagai variabel mediasi parsial.


Kata Kunci


Contemporary Marketing Mix, Brand, Minat Beli, Bank Syariah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anisah, N., & Utomo, L. P. (2017). Persepsi Akuntan Tentang Penerapan Prinsip-Prinsip Akuntansi Syariah Dalam Lembaga Keuangan Syariah. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 6(2), 107-116.

BPS. 2011. Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia : Hasil Sensus Penduduk 2010. Jakarta.

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).

Karim, A. 2013. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Keller, K. L. 2013. Strategic Brand Management : Building, Mesuring, and Managing Brand Equity Fourth Edition. Pearson Education Limited. Essex.

Kotler, P., Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Machmud, A., Rukmana. 2010. Bank Syariah: Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Maholtra, N. 2005. Riset Pemasaran. Indeks. Jakarta.

Margaretha, Y. (2011). Analisis Pengaruah Bauran Pemasaran Jasa terhadap Minat Beli pada Program Magister Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Prosiding Semantik 2011. 16 April 2011, Semarang.

Maunaza, A. 2012. Pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Maskapai Penerbangan Lion Air sebagai Low Cost Carrier). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok.

Nulufi, K. 2015. Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan (Studi Kasus pada Konsumen Internasional Batik Center dan Pasar Grosir Setono). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Semarang.

OJK. 2016. Modul Training of Trainers Keuangan Syariah. Jakarta.

Oktaviani, L. 2014. Analisis Pengaruh Brand Image (Citra Merek), Kulitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Produk Mie Instan Supermi (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Instan Supermi di Kota Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas UU No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Jakarta.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Jakarta.

Rizky, M. F., Yasin, H. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 14(02): 135 – 143.

Rohim, A., & Arvianto, S. (2017). Pengaruh Customer Perceived Value Terhadap Word Of Mouth Dengan Customer Loyalty Sebagai Variabel Mediasi (Study Kasus Di CV Putra Putri). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).

Sanusi, A. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Schiffman, L., Kanuk, L.L. 2008. Perilaku Konsumen. Indeks. Jakarta.

Seftiani, R. 2014. Pengaruh Brand Image, Kualitas Poduk terhadap Brand Prefference dan Implikasinya terhadap Minat Loyalitas (Studi pada Konsumen The Body Shop di Kota Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Setiadi, D. 2010. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Brand Image pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris ILP (International Language Program) Cabang Bogor. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Sholihin, M., Ratmono, D. (2014). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Solimun. 2017. Penguatan Confirmatory Research: Pemodelan Persamaan Struktural Pendekatan WarpPLS. Universitas Brawijaya. Malang.

Tjiptono, F. 2015. Pemasaran Jasa. Andi Offset. Yogyakarta.

Triandaru, S., Budisantoso, T. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26533%2Feksis.v13i1.129

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Diindeks oleh:

             

 

 

Flag Counter

 

View My Stats