Abstrak
Era industri 4.0 merupakan integrasi pemanfaatan internet melalui lini produksi di dunia industri. Terjadi perubahan dalam dunia industri yang ditandai dengan berubahnya iklim bisnis dan industri menjadi lebih kompetitif karena adanya perkembangan teknologi informasi. Industri 4.0 merupakan industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Hal ini meliputi tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi bisnis yang mencakup beberapa bagian yaitu Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif (Bambang & Diaz, 2020). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan program kerja sosialisasi DPemanfaatan Digital Marketing da Usaha Kecil Menengah pada Era Industri 4.0 sebagai alat pemasaran produk. Dalam kegiatan Sosialisasi ini, kami melibatkan para pelaku UMKM dan Dosen Pembimbing Lapangan sebagai pemateri. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada hari Kamis, tanggal 7 Juli 20202, bertempat di Balai Desa Pakel, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 sd. 11.00 Wib. Metode pelaksanaan untuk sosialisasi UMKM ini adalah pendataan UMKM, Survei tempat, mencari narasumber dan pelaksanaan Sosialisasi.
Kata Kunci : Digital Marketing, UMKM, Industri 4.0
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)