PENINGKATAN NILAI EKONOMIS LIMBAH KULIT KELAPA MELALUI PRODUK KERAJINAN LAMPU TIDUR

  • Vivi Rahmawati STKIP PGRI Jombang
Abstract views: 302 , PDF downloads: 249
Keywords: Lampu Tricor, Peluang Usaha, Limbah, Kulit Kelapa Muda

Abstract

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya kreativitas dosen dan mahasiswa yang bertujuan untuk mengubah limbah kelapa muda menjadi barang yang bernilai ekonomis sehingga bermanfaat bagi masyarakat khususnya mahasiswa. Produk yang dihasilkan adalah lampu tidur unik dengan banyak fungsi yang terbuat dari limbah kulit kelapa muda yang disebut Tricor. Kegiatan ini melibatkan kelompok pedagang kelapa muda yang ada di kota Jombang sebagai mitra peneydia bahan baku. Kegiatan ini dilakukan dengan intensif oleh penulis selama kurang lebih empat bulan mulai Juni – September 2022. Rangakain kegiatan diawali dengan survey pendahuluan untuk peluang usaha, ketersediaan bahan baku, praktik pembuatan lampu Tricor, hingga manajemen usaha. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa usaha pembuatan lampu tidur Tricor layak untuk dikembangkan. Hal ini karena: 1) Pembuatan lampu Tricor relatif mudah; 2) Peluang bisnis juga masih terbuka lebar karena belum banyak pesaing.; 3) Mengurangi limbah buah kelapa; 4) Mampu membantu meningkatkan perekonomian jika dikelola secara baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. 2019. Pemanfaatan Serat Kelapa Sebagai Alternatif Pengganti Kemasan Berbahan Plastik. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain. 2(1):1-14.
Arfadiani, D., & Larasati, D. (2013). Pemanfaatan limbah tempurung kelapa muda melalui pengembangan desain produk alat makan. Product Design, 2(1), 162197.
Dinindra, A. M. 2021. Uji Resistensi Nyamuk Aedes Aegypti Dan Perilaku Masyarakat
Dalam Upaya Pengendalian Vector Penyakit DBD di Kabupaten Jombang, Jawa
Timur (Sebagai Sumber Belajar Biologi). Dissertasion. Universitas Muhammadiyah, Malang.
Junita, E., Virgo, G., & Putri, A. D. 2020. Pengaruh Pemberian Aroma Terapi Lavender Terhadap Insomnia Pada Lansia Di Desa Koto Tuo Wilayah Kerja Puskesmas 2 XIII Koto Kampar. Jurnal Ners. 4(2):116-121.
Mutiarni, R., Zuhroh, S., & Utomo, L. P. (2018). Pendampingan Pencatatan Transaksi Dan Penyusunan Laporan KeuanganBadan Usaha Milik Desa (Bumdes) Putra Subagyo Desa Miagan-Jombang. Comvice: Journal of community service, 2(1), 21-28.

PlumX Metrics

Published
2022-10-24
How to Cite
Rahmawati, V. (2022). PENINGKATAN NILAI EKONOMIS LIMBAH KULIT KELAPA MELALUI PRODUK KERAJINAN LAMPU TIDUR. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(2), 45 - 52. https://doi.org/10.26533/comvice.v6i2.970