Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi pegawai administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa D3 manajemen kesekretariatan dan perkantoran Universitas Airlangga dengan melibatkan 129 mahasiswa sebagai responden. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan dengan opsi jawaban tertutup dengan menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah uji – F, uji – T, uji determinasi,ujiregresi linear berganda, uji validitas dan reliability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel kehandalan, Responsif, keyakinan, empati, wujud, secara bersama – sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Universitas Airlangga. Dari lima variabel yang mempengaruhi kepuasan mahasiswaD3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Universitas Airlanggam ditemukan bahwa Keyakinan memiliki penggaruh yang paling dominan terhadap kepuasan mahasiswa D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Universitas Airlangga jika dibandingkan dengan variabel yang lain.
Downloads
Referensi
Agustina, V., & Yoestini, Y. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Joglosemar Bus (Studi Pada Wilayah Semarang Town Office) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Amalia, C. H. (2010). Hubungan antara Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Konsumen pada Ritel Modern (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).
Ariani, L. (2015, Nopember). Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Karyawan PT OSI Electronics Display Batam. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 196-204.
Tjiptono, F. A, Diana, ( 2001 ), Total Quality management, Yogyakarta, CV Andi Offset
Bandu, M. Yunus. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Barat. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Kothler Philip, (2008),Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1,Airlangga
Kothler Philip,( 2008 ), ManajemenPemasaran edisi 13 jilid 2, Airlangga.
Naibaho, K. (2007). Perpustakaan sebagai salah satu indikator utama dalam mendukung universitas bertaraf internasional. Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga, 2(1), 8-17.
Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1 Apr).
Supranto, (2011), pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikan pangsa pasar, Jakarta Rineka Cipta.
Yamit, Z. (2001). Manajemen kualitas produk dan jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Zeithami, valarei A., Mary jo Bitner, 2004, Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The fim 3td., Mc Graw Hill., New Yorker
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)