Peran In Store Stimuli Dalam Customer Impulse Buying Serta Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Pada Minimarket

Dewi Komala Sari

Sari


Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh rangsangan dalam toko terhadap pembelian yang tidak direncanakan pada Minimarket “X” di Sidoarjo, sehingga dapat menjadi dasar pertimbangan dalam penerapan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan unggul dalam persaingan yang semakin kompetitif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Minimarket “X” di Sidoarjo. Skala pengukuran menggunakan skala interval dan skala pembentukan menggunakan semantic differential scale. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang berbelanja di Minimarket “X” di Sidoarjo. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) untuk melihat hubungan kausalitas antar variabel. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara in store stimuli terhadap impulse buying di Minimarket “X” di Sidoarjo. Hal ini menunjukkan bahwa in store stimuli berupa penataan rak, display produk, promosi dan pelayanan pramuniaga Minimarket “X” di Sidoarjo dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian yang tidak direncanakan (impulse buying) pada Minimarket “X” di Sidoarjo.


Kata Kunci


Pembelian Impuls; Stimulus Toko; Strategi Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angiopora, Marinus, 2002, Dasar - Dasar Pemasaran. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Assael, Henry, 1992, Consumer Behavior and Marketing Action. South - Western College Publishing, Ohio.

Coley, A., and Brigitte, B. (2003). Gender Differences in Cognitive and Affective Impulse Buying. Journal of Fashion Marketing and Management, 7(3), pp. 282-295.

Engel, James F, 1995, Perilaku Konsumen. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 2. Alih Bahasa Budijanto, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Ferdinand, Augusty, 2002, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Penerbit BP. Undip, Semarang.

Ma’ruf, 2005, Pemasaran Ritel. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Loudon, David L. dan Della Bitta, Albert J, 1993, Consumer Behavior : Concepts and Aplications. Mc Graw - Hill, In, United States.

Mohamad Dimyati. 2009. Analisis SEM dalam Uji Pengaruh Beberapa Variabel Terhadap Loyalitas Kajian Berbasis Riset pada Debitur Kredit Usaha Kecil. Edisi Pertama. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Mowen, John C, 2002, Perilaku Konsumen. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 2. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Semuel, Hatane, 2005, Respon Lingkungan Belanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana, Pada Toko Serba Ada (Toserba) (Studi Kasus Carrefour Surabaya), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Sinaga, I., Suharyono, dan Srikandi, K. (2012). Stimulus Store Environtment dalam Menciptakan Emotion Responsedan Pengaruhnya Terhadap Impulse Buying. Administrasi Bisnis. 1(2).

Masri & Effendi, S., 1989, Metodologi Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.

Sugiarto, Endar, 2002, Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian, Cetakan Kelima, Penerbit CV. Alphabeta, Bandung.

Sujana, Asep, 2005, Manajemen Ritel Modern. Edisi Pertama. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sumarwan, Ujang, 2002, Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor Selatan.

Sularso, Andi, 2003, Pengaruh Rangsangan Dalam Toko Terhadap Pembelian Yang Tidak Direncanakan Oleh Konsumen Alfa Gudang Rabat Di Denpasar. Jurnal Ekuitas. Vol.7. No.4.

Sutisna, 2001, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tjiptono, Fandy, 2015, Strategi Pemasaran. Edisi 4. Penerbit Andi, Yogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.26533/eksis.v13i2.243

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Bekerja dibawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0 License

Diindeks oleh:

             

 

 

Flag Counter

 

View My Stats