Abstrak
Program kerja team pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tema Seminar Digital Marketing, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pengembangan usaha. Mitra binaan dalam program kerja ini adalah para pelaku UMKM di Desa Sidokerto yang bergerak di berbagai bidang. Kondisi awal mitra menunjukkan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam digital marketing, sehingga usaha mereka hanya mengandalkan penjualan offline dengan jangkauan pasar yang terbatas. Permasalahan utama yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman tentang platform digital, strategi pemasaran online, dan manajemen konten untuk menarik minat pelanggan. Metode pemecahan masalah yang diterapkan (Panjalu, etc 2024) meliputi pemberian pemahaman mengenai penggunaan platform digital seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp Business. Selain itu, mitra juga diberi pengarahan mengenai pembuatan konten menarik dan strategi branding untuk meningkatkat daya saing dan mempebesar jangkauan pasar. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui seminar dan praktik langsung. Hasil pembinaan menunjukkan adanya berubahan mengenai pemahaman mengenai digital marketing. Dimana para pelaku UMKM telah mampu mengelola akun bisnis secara mandiri dan menerapkan strategi pemasaran digital sederhana.
Referensi
Hartanto, R., & Yudianto, A. (2024). Pemanfatan Aplikasi Whatapp Business Sebagai Media Promosi Usaha Mama Naura Shop Desa Teluk Mesjid Kecamatan Danau Panggang kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 78-79.
Khamidah, L., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital Marketing Volume Penjualan Pada UMKM. Jurnal Manajemen dan Sains, 1541-1549.
Margareta, S., & Rochmania, A. (2024). Pendampingan Penggunaan Fitur Whatapp Business Sebagai Pendukung Promsi Penjualan UMKM di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2-7.
Maytanius, J., & al, e. (2023). Analisis Digital Marketing UMKM Creative. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 1564.
Panjalu, J. F., Muslikhah, R. S., & Utami, T. L. (2024). Pemasaran Digital Untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen, 71-72.
Sandiva, T. V., & Veri, J. (2024). Analisis Pengaruh Dgital Marketing Terhadap Pertumbuhan Penjualan UMKM Tinjauan Menggunakan Metode Systematic Literature Review. Journal of Islamic Economics, 91.
Sumarni, T., & al, e. (2024). Stategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Tas di E-Commerce. Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, dan Pajak, 3-8.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)