Penyusunan Laporan Keuangan dan Strategi Pemasaran UMKM pada Desa Kampung Baru
PDF

How to Cite

Pramiana, O., & Sulistio, M. R. D. (2024). Penyusunan Laporan Keuangan dan Strategi Pemasaran UMKM pada Desa Kampung Baru. SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 6(1), 73-78. Diambil dari https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/1299

Abstrak

Abstrak

Studi ini mengulas integrasi antara penyusunan laporan keuangan dan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kampung Baru. Dilaksanakan sebagai bagian dari Kegiatan pengabdian, lokasi pelaksanaan di desa tersebut dipilih karena potensi ekonomi yang signifikan namun dihadapkan pada tantangan modal terbatas, kurangnya promosi, dan rendahnya minat dalam pengembangan UMKM. Penelitian ini menerapkan Program Sosialisasi Pengembangan BUMDES & UMKM sebagai respons terhadap permasalahan yang dihadapi. Analisis laporan keuangan dan penerapan strategi pemasaran menjadi fokus untuk meningkatkan daya saing UMKM. Temuan mengindikasikan perlunya pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan dan penerapan strategi pemasaran yang tepat guna. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih dalam tentang pentingnya integrasi antara penyusunan laporan keuangan dan strategi pemasaran dalam meningkatkan keberlanjutan UMKM di tingkat desa.

Kata Kunci: UMKM, penyusunan laporan keuangan, strategi pemasaran, pendampingan, keberlanjutan.

PDF

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka)

Downloads

Download data is not yet available.